Polda Gorontalo Gelar Simulasi Sispamkota Pemilu 2024

Kabgor, MEDGO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Pemilu 2024. Simulasi yang berlangsung di lapangan Sport Center Limboto, Kabupaten Gorontalo, Selasa (24/10/2023), diikuti oleh 745 personel Polda Gorontalo, 179 personel Polresta Gorontalo Kota, dan 212 personel dari Polres Bone Bolango.

“Simulasi Sispamkota mulai dari awal kampanye sampai nanti pemilihan presiden, kita siapkan semuanya. Termasuk langkah-langkah antisipasi dan menghadapi situasi yang landai hingga anarkis,” ungkap Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Angesta Romano Yoyol.

Pelaksanaan simulasi Sispamkota meliputi pengamanan pada tahapan kampanye, masa tenang, pencoblosan, penghitungan suara, penetapan hasil, serta pelantikan dan pengambilan sumpah janji. Simulasi juga dilakukan untuk pengawalan dan pengamanan calon presiden dan calon wakil presiden, serta pendistribusian surat suara.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

“Sementara ini semuanya masih aman, cuma ada beberapa TPS yang cukup jauh dan menyeberangi pulau. Insya Allah kami akan ke sana untuk melihat bagaimana cara anggota membawa kotak suara ke TPS tersebut apalagi akan memasuki musim hujan,” jelas Kapolda Gorontalo.

Sebelumnya Kepala Biro Operasional Polda Gorontalo, Kombes Pol. Tony E.P Sinambela, dalam laporannya menyampaikan simulasi Sispamkota itu bertujuan untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak personel Polri yang bertugas dalam Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Otanaha untuk pengamanan Pemilu 2023-2024. Capaian Sispamkota diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antar fungsi, satuan, dan instansi terkait. Terbangunnya kemampuan Polri yang profesional dan proporsional dalam melaksanakan Operasi Mantap Brata Otanaha pengamanan Pemilu.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

“Kemampuan yang ingin dicapai adalah memastikan seluruh perlengkapan serta sarana dan prasarana yang mendukung operasi dapat dioperasionalkan sesuai kebutuhan serta memiliki persepsi yang sama dalam melaksanakan Sispamkota dalam menghadapi konflik sosial ataupun mengantisipasi gangguan keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2023-2024,” kata Kombes Pol. Tony E.P Sinambela.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Simulasi Sispamkota turut disaksikan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Simulasi juga melibatkan unsur TNI, Satuan Perlindungan Masyarakat, dan Satuan Polisi Pamong Praja. (Adv/IH)