Ismail Pakaya Apresiasi Kesiapan Polda Gorontalo Amankan Pemilu

Kabgor, MEDGO.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, mengapresiasi kesiapan Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024. Hal ini diutarakannya setelah menyaksikan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan Pemilu yang berlangsung di lapangan Sport Center Limboto , Kabupaten Gorontalo, Selasa (24/10/2023).

“Terima kasih saya ucapkan kepada jajaran Polri, TNI, dan seluruh komponen yang terlibat dalam simulasi Sismpamkota dalam rangka pengamanan Pemilu. Simulasi ini menunjukkan kesiapan jajaran Polda Gorontalo untuk menjamin daerah kita aman dan kondusif,” kata Penjagub Ismail.

Pelaksanaan simulasi diawali dengan pengamanan kampanye oleh salah satu calon presiden yang dilaksanakan di wilayah Kota Gorontalo. Dalam simulasi itu digambarkan cara dan tindakan personel Polri yang berhasil menangani situasi penghadangan dan penolakan oleh sejumlah aksi massa. Simulasi berikutnya yang terjadi pada suatu tempat pengumpulan suara yang dilakukan oleh persetujuan hasil penghitungan suara oleh seorang Saksi, hingga tindakan anarkis yang dilakukan oleh aksi massa.

BACA JUGA :  Terungkap! Iwan Adam Akan Dampingi Saipul Mbuinga di Pilkada Pohuwato

“Kita berharap simulasi ini tidak harus terjadi dalam bentuk nyata pada saat kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan hasil. Harapannya seluruh tahapan pemilu berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Ismail.

Simulasi diikuti oleh 1.136 personel Polri. Terdiri dari 745 personel Polda Gorontalo, 179 personel Polresta Gorontalo Kota, dan 212 personel dari Polres Bone Bolango. Simulasi juga melibatkan unsur TNI, Satuan Perlindungan Masyarakat, dan Satuan Polisi Pamong Praja. (Adv/IH)