Persiapan Demokrasi di Lapas Kota Gorontalo: Warga Binaan Siap Menyalurkan Suara

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo bersama dengan pihak terkait telah memastikan persiapan pemilihan umum di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Gorontalo.

Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, didampingi Forkopimda, Wali Kota, Wakil Wali Kota, KPU, dan Bawaslu melakukan kunjungan ke Lapas untuk memantau kesiapan tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS), Selasa (13/02).

Kepala Lapas Kelas II A Kota Gorontalo, Indra Mokoagow, menegaskan kesiapan Lapas dalam menyelenggarakan pemilu.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

“Sejauh ini Lapas II A Kota Gorontalo sudah sangat siap untuk pemilihan besok hari. Persiapan yang kami lakukan terkait dengan aturan standar operasional, seperti persiapan petugas KPPS, petugas pengamanan hingga pelayanan kesehatan saat pemilu nanti. Selain itu besok tim dokter lapas tetap bersiaga di lapas dari pukul 06.00 sampai selesai,” ujar Indra

Tiga TPS telah disiapkan di dalam Lapas untuk memfasilitasi 632 warga binaan pemasyarakatan yang memiliki hak pilih. Pembagian kertas suara dilakukan berdasarkan kelompok lansia, masyarakat lapas penyakit menular, dan satu TPS untuk umum.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

“Demi lancarnya pelaksanaan pemilu, untuk sementara pihak Lapas Gorontalo menutup kunjungan bagi warga binaan dan akan kembali dibuka pada pekan depan. Sudah kami sosialisasikan ke warga binaan termasuk keluarga dan mereka menerima dan senang hati,” tambah Indra.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Kunjungan tersebut tidak hanya dilakukan di Lapas, tetapi juga meliputi TPS di dua kelurahan lainnya, yaitu Molosipat dan Huangobotu, sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan pelaksanaan pemilu di seluruh wilayah Kota Gorontalo. (IH)