Penjagub Canangkan Hari Karawo 2024: Dorong Karawo Menembus Pasar Internasional

Gorontalo, MEDGO.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, secara resmi mencanangkan Hari Karawo dan Karnaval Karawo 2024 dengan semangat untuk mengangkat Karawo ke tingkat internasional. Dalam pernyataannya, Ismail menekankan pentingnya memajukan seni tradisional sebagai produk ekonomi kreatif unggulan.

“Dengan Hari Karawo ini, kami tidak hanya merayakan warisan budaya Gorontalo, tetapi juga berkomitmen untuk memperkenalkan Karawo ke kancah internasional. Karawo bukan hanya seni tradisional, tapi juga produk ekonomi yang mampu bersaing,” ujar Ismail Pakaya dalam acara pencanangan di Lapangan Taruna Remaja, Minggu (21/01).

Hari Karawo, yang ditetapkan setiap tanggal 23 Januari, kini bukan hanya menjadi peringatan lokal. Melalui langkah-langkah strategis pemerintah Provinsi Gorontalo, Karawo telah meraih pengakuan dalam kalender pariwisata nasional dan menjadi bagian dari 110 Kharisma Event Nusantara.

Peringatan Hari Karawo tahun ini tidak hanya berisi upacara adat, tetapi juga melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan. Lomba pembuatan syal Karawo terunik, video milenial “bangga berkarawo”, serta lomba foto keluarga dan balita berkarawo menjadi bagian dari rangkaian acara menarik.

Acara puncak Hari Karawo 2024 akan disemarakkan dengan pameran produk UMKM dan penghargaan kepada perajin Karawo yang telah memberikan kontribusi besar dalam mengangkat keindahan dan keberlanjutan seni tradisional Gorontalo.(Adv)