Orientasi Caleg di Kendari, Gobel: Masyarakat Inginkan Perubahan

Kendari, MEDGO.ID – Ketua Teritorial Pemenangan Sulawesi Partai Nasdem, Rachmat Gobel, mengatakan bahwa masyarakat menginginkan perubahan.

“Masyarakat ingin ada perubahan. Selalu ingin hari esok lebih baik dari hari ini. Jadi itu sesuatu yang natural, alami. Tak mungkin kita menginginkan hari esok sama dengan hari ini atau hari kemarin. Itu namanya tak ada kemajuan,” kata Gobel saat menutup Orientasi Calon Anggota DPRD Partai Nasdem se Provinsi Sulawesi Tenggara, di Kendari.

Acara yang berlangsung sehari penuh itu dibuka oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Orientasi itu berisi materi tentang visi-misi Partai Nasdem sebagai gerakan perubahan dan gerakan restorasi Indonesia, pemahaman tentang menjadi wakil rakyat, hingga tentang regulasi mengenai pemilihan umum.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Heri Hadiri Acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK

“Melalui orientasi ini, para calon wakil rakyat dari Partai Nasdem menjadi memiliki bekal tentang garis perjuangan partai dan tujuan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Gobel mengingatkan, menjadi wakil rakyat bukan sekadar memahami prinsip-prinsip tiga tugas pokok anggota DPR/DPRD tentang penganggaran, legislasi, dan pengawasan, tapi yang pertama dan utama adalah tentang titik berangkat menjadi politisi.

“Mulai dari nawaitunya, dari niatnya. Semua harus berangkat dari hati. Dengan demikian, berpolitik bukan soal jabatan dan kekuasaan. Tapi untuk apa jabatan dan kekuasaan tersebut,” katanya.

Sebagai wakil rakyat, kata Gobel, DPR telah menyetujui UU Cipta Lapangan Kerja karena ingin menaikkan investasi.

BACA JUGA :  Penjabat Bupati Batu Bara Heri Hadiri Rakornas KPK RI

“Tapi setelah undang-undang itu berlaku, DPR mempertanyakan kepada pemerintah sampai di mana pelaksanaan undang-undang tersebut. Ternyata investasi tidak naik seperti yang diharapkan. Ini harus kita evaluasi. Berarti ada sesuatu. Investor kan memiliki penilaian juga terhadap Indonesia. DPR mempertanyakan kinerja pemerintah soal ini,” katanya.

Selain itu, kata Gobel, terhadap investasi yang masuk ke Indonesia, harus memberikan nilai tambah bagi kemajuan Indonesia, khususnya dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

“Jangan sampai kita cuma menjadi pesuruh para investor asing tersebut. Kita harus menjadi tuan rumah di negeri kita sendiri,” katanya.

Ia mengingatkan bahwa tanah Sulawesi itu sangat kaya. Bukan hanya tanahnya subur, tapi juga kaya dengan tambang mineral.

BACA JUGA :  Penjabat Bupati Batu Bara Heri Hadiri Rakornas KPK RI

“Di Sulawesi Tenggara ini ada tambang nikel. Apakah memberikan dampak ekonomi, apakah memberikan kemakmuran bagi rakyat di sini, dan apakah memiliki dampak pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia bagi warga di Sulawesi Tenggara? Kita harus menjaga kampung halaman kita sendiri. Kita harus menjadi tuan rumah,” katanya.

Untuk bisa menjaga kampung halaman sendiri, kata Gobel, maka pada pemilu 2024 Partai Nasdem harus menang.

“Seperti tadi disampaikan oleh satu pembicara: jangan bilang hampir menang, tapi katakan hampir kalah. Itu prinsip. Ini artinya kita harus menang. Partai Nasdem ingin perubahan. Partai Nasdem ingin mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa. Itulah makna restorasi,” katanya. (*)