Muksin Brekat Serukan Pemerintah untuk Berdayakan Pengrajin Kain Karawo

Kota Gorontalo, MEDGO.ID — Anggota DPRD Kota Gorontalo, Muksin Brekat, mengajak pemerintah untuk mengambil peran lebih besar dalam memberdayakan usaha mikro kecil menengah (UMKM), khususnya yang berfokus pada produksi Kain Karawo. Menurutnya, kerajinan tradisional ini memiliki potensi besar tetapi menghadapi kendala dalam produksi skala besar.

BACA JUGA :  Pemerintah Pastikan Kebutuhan Dasar Korban Banjir di Gorontalo Terpenuhi

“Kain sulaman Karawo dihiasi dengan motif-motif yang beraneka ragam dan membutuhkan keterampilan khusus. Proses pembuatannya sangat manual dan memerlukan waktu lama, sehingga sulit untuk diproduksi secara massal,” jelas Muksin.

Dia menambahkan bahwa hingga kini belum ada pabrik Karawo di Gorontalo, yang semakin mempertegas perlunya intervensi dari pemerintah. Muksin mendorong pembentukan komunitas pengrajin Kain Karawo sebagai langkah awal untuk mendukung industri ini.

BACA JUGA :  Pemkot Gorontalo Kerahkan Alat Berat Bersihkan Jalan di Tenilo Pasca Banjir

“Dengan dukungan dan kebijakan yang tepat dari pemerintah, kita bisa meningkatkan hasil produk UMKM Kain Karawo dan mempromosikannya lebih luas,” tegas Muksin. Dia berharap bahwa dengan kolaborasi antara pengrajin dan pemerintah, Kain Karawo bisa menjadi salah satu andalan ekonomi lokal Gorontalo yang berdaya saing tinggi. (IH)