Kota Gorontalo Raih Peringkat Kedua TPID Award 2023 Wilayah Sulawesi

Kota Gorontalo, MEDGO.ID — Kota Gorontalo kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih posisi kedua dalam kategori Indeks Harga Konsumen (IHK) untuk wilayah Sulawesi pada ajang TPID Award 2023. Penghargaan ini menjadi yang kelima bagi kota tersebut dan berhasil diraih meskipun kepemimpinan mantan Wali Kota Marten Taha dan Wakil Wali Kota Ryan F. Kono telah berakhir pada 2 Juni 2024.

BACA JUGA :  Pemerintah Pastikan Kebutuhan Dasar Korban Banjir di Gorontalo Terpenuhi

Pada TPID Award 2023, posisi pertama diraih oleh Bone, Sulawesi Selatan, sementara Kota Palu, Sulawesi Tengah, menempati posisi ketiga. Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kota Gorontalo, Kaima Camaru, menyatakan rasa syukur dan kebanggaannya atas capaian ini. “Alhamdulillah, Kota Gorontalo masuk tiga besar nasional kategori IHK pada TPID Award 2023,” ujar Kaima.

Penghargaan tersebut diberikan dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada 14 Juni 2024 di Istana Negara. Asisten II Setda Kota Gorontalo, Efendi Rauf, menerima penghargaan mewakili pemerintah kota.

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Gorontalo Bahas Ranperda RPJPD 2025-2045

Kaima menjelaskan bahwa keberhasilan ini diraih berkat program unggulan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan perikanan tangkap dan budidaya (MarTa), yang efektif mengendalikan inflasi di tahun 2023. “Penghargaan TPID Award tahun 2023 ini merupakan penghargaan kelima yang diraih oleh Kota Gorontalo,” ungkapnya. (Adv/IH)