Koperasi Mitra Mina Lestari Kabupaten Rembang Wadah UKM Pengolah dan Pemasar Hasil Ikan

Rembang, medgo.id – Koperasi memiliki peran yang penting dalam pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi.

Di era industrialisasi ini, ternyata koperasi mampu memberikan dukungan signifikan bagi para pelaku usaha mikro.

Kepala Bidang Koperasi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Setyo Budi Utomo, Kamis (11/7/2024), berdasarkan data yang resmi di Dindagkop UKM Kabupaten Rembang, tercatat ada sebanyak 233 koperasi yang aktif.

“Pemerintah Kabupaten Rembang berkomitmen untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap koperasi-koperasi yang aktif dengan maksud untuk memastikan agar kinerjanya optimal dan bisa memberikan kesejahteraan pada anggotanya”, ungkap Setyo.

Dari 233 koperasi tersebut, lanjut Setyo, salah satunya adalah Koperasi Mitra Mina Lestari, yang menaungi para produsen pengolah dan pemasar hasil perikanan.

BACA JUGA :  Bupati Demak: Desa Wisata Dorong Perekonomian dan Ciptakan Lapangan Pekerjaan

“Koperasi sangat penting ditumbuhkan di dalam UMKM karena keuntungannya dirasakan oleh anggota. Dengan sistem kepercayaan tanpa jaminan, koperasi ini bisa sehat dan bermanfaat”, pungkas Setyo.

BACA JUGA :  Festival SCTV Jadi Agenda Pembuka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal Ke 419

Sementara itu, anggota Badan Pengawas Koperasi Mina Mitra Lestari, Ana Wijayanti, yang juga produsen bandeng presto, mengatakan bahwa Koperasi Koperasi Mitra Mina Lestari yang didirikan pada 26 Desember 2022, saat ini, telah memiliki anggota sebanyak 36 orang.

“Anggota Koperasi Mina Mitra Lestari, semuanya bergerak dalam pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Pertemuan rutin dua minggu sekali diadakan untuk membahas kebutuhan anggota dan mengevaluasi pemasaran produk.

“Kami sebagai produsen sangat membutuhkan bahan baku, dan koperasi yang menyediakannya. Selain itu, koperasi juga yang memasarkan produk olahan ikan dari para anggotanya”, terang Ana.

BACA JUGA :  Rendah, Indeks Kepuasan Masyarakat Atas Tata Kelola Parkir Kabupaten Temanggung

Ana mengungkapkan bahwa modal yang dimiliki Koperasi Mitra Mina Lestari memang masih terbatas, namun terbantu oleh dana Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib dari para anggota.

“Sistem pengembalian yang diangsur dan bunga yang rendah menjadi kelebihan Koperasi Mitra Mina Lestari, sehingga para anggotanya sangat terbantu”, pungkas Ana.