Kapolda Gorontalo Bersama Danrem 133 Nani Wartabone Tinjau Lokasi Bencana

Gorontalo, (MEDGO.ID) — Brigjend Pol. Dr. Adnas, M.Si, bersama Danrem 133 Nani Wartabone Kolonel ( CZI ) Arnold AP Ritiauw, meninjau langsung lokasi bencana di Kabupaten Gorontalo, Senin (2/3).

Terdapat 2 (dua) lokasi yang menjadi sasaran peninjauan, yakni lokasi longsor di jalan umum KM 8 Dusun Dulinggahe Desa Huyula, Kecamatan Mootilango, dan lokasi banjir bandang di Desa Diloniyohu, Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo.

Dalam kunjungannya bersama Danrem 133 NWB tersebut, Kapolda Adnas mengatakan, kedatangannya adalah wujud kehadiran negara untuk masyarakat.

Kredit Mobil Gorontalo

“Saya bersama Danrem, kemudian dari BNPB, Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Desa, hadir di tempat ini, merupakan wujud kehadiran negara untuk masyarakat,” ucap Adnas

“Apa yang dirasakan oleh masyarakat, kita harus tahu. Keberadaan unsur TNI, Polri, BNPB dan lainnya ini mewujudkan kesiap-siagaan kita dalam tanggap bencana serta kepedulian terhadap yang dialami oleh masyarakat,”ujarnya menambahkan.

Adnas menghimbau aparat kecamatan dan aparat desa agar melakukan agar melakukan evakuasi korban bencana, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yakni datangnya banjir susulan.

“Kondisi cuaca yang masih mendung, memungkinkan hujan lebat kembali turun, dan bisa saja akan terjadi banjir susulan,” imbau Jenderal bintang satu tersebut.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Gorontalo, jumlah korban terdampak banjir di Desa Diloniyohu, sebanyak 411 KK atau 1396 jiwa, Desa Bongongoayu, sebanyak 250 KK atau 830 jiwa, dan Desa Tolite, sebanyak 120 kk atau 300 jiwa.

Dalam kunjungan Kapolda bersama Danrem 133 di lokasi dekat bencana banjir, telah dibangun Posko Bencana Alam yang bertempat di rumah Kepala Desa Diloniyohu, Hery Teddy.

Hadir mendampingi Kapolda bersama Danrem 133 NWB, para Pejabat Utama Polda antara lain, Direktur Polairud, Kombes Pol. Supeno, S.IK, Direktur Samapta, Kombes Pol. Ahmad Surbana,SIK, Direktur Lantas Kombes Pol. Winarto, SiK, Kabid Propam AKBP I Ketut Kusmayadi, S.IK, Kabid Humas AKBP Wahyu Tri Cahyono, S.IK, serta Kapolres Gorontalo, AKBP Ade Permana SIK MH.##