Jelang Ramadhan, Pemprov Gorontalo Bakal Gelar 15 Pangan Murah

KOTA GORONTALO, MEDGO.ID — Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pangan, akan melaksanakan gelaran pangan murah dengan harga dari distributor, dalam rangka jelang Hari-hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Gelaran pangan murah ini dimulai dari Kelurahan Liluwo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Selasa (21/2/2023), yang dihadiri lansgung Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Sutrisno selaku pelaksanaan kegiatan menyampaikan, gelaran pangan murah ini kurang lebih akan berlangsung selama 15 kali. Hal tersebut dikarenakan, jelang hari hari besar keagamaan permintaan bahan pangan pokok masyarakat cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan hari biasa.

Kredit Mobil Gorontalo

“Ini akan kita laksanakan selama 15 kali hingga ramadhan dan idul fitri nanti. Untuk saat ini kita masih keliling di kelurahan-kelurahan, yang artinya masih di Kota Gorontalo,” ujar Sutrisno

Sutrisno menambahkan, kegiatan pangan murah adalah hasil kolaborasi dinas pangan yang didukung penuh oleh Bank Indonesia Gorontalo dan PT Perum Bulog Gorontalo serta gabungan kelompok tani yang turut menyediakan bahan pangan seperti rica/cabe, tomat, bawang merah dan putih serta beras.

BACA JUGA :  Pemkab Batu Bara Mendukung Fashion Week

Di tempat yang sama Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer menyampaikan, kegiatan ini juga adalah sebuah upaya pemerintah untuk mengendalikan inflasi di daerah melalui operasi pangan murah/operasi pasar murah. Di mana harga bahan pokok yang dijual di gelaran pangan murah adalah harga di bawah pasar pada umumnya.

BACA JUGA :  Jelang Berangkat, Jemaah Calon Haji Batu Bara Ikuti Tepung Tawar

“Jadi kami pemerintah ini betul – betul ingin membantu masyarakat, sehingga dalam menghadapi bulan ramadhan nanti tidak kesulitan. Berkonsentrasi untuk ibadah, kemudian kebutuhan pangannya bisa terpenuhi dengan baik,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Kabupaten Batu Bara Gelar Kick Of Meeting Penyusunan Dokumen RAD TPB/SDGs 2022-2026

Produk pangan yang dijual dalam gelar pangan murah antara lain rica/cabe rawit 200 gr Rp9.000, tomat 1 kg Rp5.000, bawang merah 500 gr Rp16.000, bawang putih 250 gr Rp6.500, telur 10 butir Rp14.500, minyak goreng 1 liter Rp14.000, gula pasir 1 kg Rp13.000 dan beras 5 kg Rp42.500. Ada juga ikan Sagela empat ekor Rp5.000 dan gula merah 1 kg Rp20.000.