Gorontalo Karnaval Karawo 2024 Dimulai

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2024 kembali digelar. Peluncuran acara tahunan yang masuk Kalender Event Nusantara (KEN) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dibuka oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin di GOR Nani Wartabone, Jumat (21/6/2024).

Sedikit berbeda dengan gelaran GKK tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan tahun ini dibuat lebih terbuka dengan mengambil tempat di pelataran stadion Nani Wartabone. Puluhan stan pameran dibuka untuk umum sebagai tempat penjualan. Pengunjung bisa datang membeli berbagai produk kerajinan tangan dan kuliner disertai hiburan musik.

“Tahun ini juga kita coba menyempurnakan acaranya. Kalau tahun kemarin kita laksanakan hanya sehari, dan berlangsung di depan Rujab Gubernur serta Lapangan Taruna Remaja, tahun ini kita coba datang ke suatu tempat yang selama ini dikenal sebagai tempat olahraga (GOR). Kami coba hal baru untuk menampilkan sulaman khas Gorontalo ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Aryanto Husain selaku ketua panitia.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Gorontalo Serahkan Rancangan KUA-PPAS 2025 ke DPRD dalam Rapat Paripurna

Sementara itu, Pj. Gubernur Rudy menilai kain karawo setiap tahunnya semakin eksis dan populer baik di tingkat nasional maupun internasional. Kain sulaman tangan itu pernah tampil di Indonesia Fashion Week 2023 dan New York Fashion Week 2017.

“kain karawo memiliki daya tarik dan nilai artistik yang diakui di tingkat nasional maupun internasional. Sehingga pantas untuk ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda dunia, yang berdiri sejajar dengan warisan lainnya, seperti keris, batik, angklung, kapal pinisi dan lain sebagainya,” kata Rudy.

BACA JUGA :  Gobel: Waspada, Bea Impor Tambahan Belum Tentu Indah

Dikatakan Deputi IV Kemenko Perekonomian RI itu, GKK bukan hanya sekedar perayaan seni dan budaya, namun juga merupakan momentum memperkuat identitas dan kebanggan kita sebagai masyarakat Gorontalo. Kreativitas yang ditampilkan dalam setiap karya karawo mencerminkan keuletan, ketekukan dan inovasi yang menjadi ciri khas masyarakat Gorontalo.

“Oleh karena itu, melalui acara ini diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan, memajukan para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif. Kerjasama yang baik dari semua intansi baik pemerintah, lembaga vertikal, dan perbankan serta seluruh masyarakat terus ditingkatkan,” imbuh Pj. Gubernur.

GKK tahun ini menjadi yang ke-13 kali digelar. Sejumlah acara yang layak dikunjungi warga yakni festival jajanan nusantara, festival musik kreatif, diskusi tentang pariwisata berkelanjutan serta peragaan busana karawo anak. Pada puncak pelaksanaan GKK tanggal 23 Juni 2024 akan digelar karnaval karawo yang akan diikuti oleh lebih kurang 50 kontingen dari berbagai daerah.

BACA JUGA :  Pemprov Bantah Ternak di Gorontalo Tertular Antraks

Pada pembukaan GKK 2024 sejumlah undangan tamu dari daerah lain Nampak hadir diantaranya perwakilan Pemprov Jawa Timur, perwakilan Pemprov Papua Barat, Pemkab Katingan Provinsi Kalimantan Selatan serta Pemkab Merauke Provinsi Papua Selatan.

Sejumlah daerah dari luar Gorontalo juga membuka stan pameran di Lokasi GKK yakni Kabupaten Buol dan Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara, serta Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan.