Dibukanya Penerbangan Kargo Manado – Narita Langsung Dilirik Bupati Hamim Pou

MANADO, MEDGO.ID — Dibukanya penerbangan kargo Manado – Narita Jepang kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama PT Garuda Indonesia dilirik Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Lewat rapat tindak lanjut eksport tuna ke Jepang yang dipimpin Asisten II Provinsi Sulawesi Utara Praseno hadi AK MM di ruang rapat J.E Tumbelaka kantor Gubernur Sulut Rabu, (1/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Hamim menyampaikan keinginannya memaksimalkan peluang ini dengan menghadirkan para eksportir tuna di Bone Bolango duduk bersama pihak Pemprov Sulut, Kakanwil Beacukai hingga manajer PT Garuda Indonesia.

BACA JUGA :  Auditorium UNG Siap Jadi Titik Pengungsian Korban Banjir Gorontalo

“Rapat sangat penting untuk kita semua, kami membaca dimedia sosial bagaiamana pemerntah provinsi menggagas penerbangan langsung manado – narita dengan Garuda Indonesia,” ujar Bupati

“Kami ingin memanfaatkan penerbangan langsung ini dengan melakukan pengirman Tuna setiap pekan ke Jepang,” sambung Bupati dan mengatakan kegiatan ini akan memberikan nilai tambah bagi kami di Kabupaten Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA :  Pj. Gubernur Paparkan Langkah Penanganan Bencana Alam di Gorontalo

Alasanya, cara lama mengekspor tuna lewat laut dirasa bupati tidak efektif, memakan waktu hingga biaya. “Selama ini membawa tuna lewat kapal laut. Sekarang lewat peneebangan yang digagas pemprov Sulut, bangak hal yang dipotong tentang pembiayaan hingga terjaganya kualtias produk,” terang Bupati.

BACA JUGA :  Polsek Kawasan Pelabuhan Gorontalo Sita 75 Ekor Tikus Siap Konsumsi

Ia mengatakan, dengan hitungan lewat darat 10 jam sudah di Manado, tidak sampai 24 jam sudah bisa sampai ke Bandara Narita Jepang, sehingga potensi tuna di Kabupaten Bone Bolango maupun Provinsi Gorontalo cukup besar.

“Nelayan kami saat ini mampu menyediakan tuna sebanyak 5 ton dalam sepekan,” terang Bupati. (Adv/IH)