Buka Jalan Eksportir Tuna Gorontalo, Bupati Hamim Pou Hadiri Ekspor Perdana di Manado

Manado, Medgo.ID – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondo Kambey bersama Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan sejumlah Bupati dan Walikota se Sulawesi Utara menghadiri ekspor perdana ikan tuna dari Manado ke Jepang sekaligus keberangkatan perdana rute Manado – Narita Jepang di Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado, Kamis (2/3/2023).

Bupati Hamim Pou dalam ekspor perdana ikan tuna dari Manado ke Jepang oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sebagai penegasan Bupati siap memdampingi para eksportir Ikan tuna dari Kabupaten Bone Bolangi maupun Provinsi Gorontalo dalam memanfaatkan peluang ekspor hingga melihat secara langsung proses penanganan ekspor ikan tuna dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Sebelumnya, Hamim Pou menyebutkan bahwa Bone Bolango siap memimpin ekspor ikan tuna dari Gorontalo ke Jepang.

BACA JUGA :  Polsek Kawasan Pelabuhan Gorontalo Sita 75 Ekor Tikus Siap Konsumsi

“Nelayan kami di Gorontalo saat ini mampu menyediakan tuna sebanyak 5 ton dalam sepekan. Jumlah ini yang rencana akan di eksport ke Jepang, dan kami (Bone Bolango) siap untuk memimpin ekspor ikan tuna tersebut,” ungkap Hamim saat menggelar rapat tindak lanjut rencana ekspor ikan tuna bersama Pemerintah Sulawesi Utara dan PT. Garuda Indonesia yang berlangsung di ruang rapat J.E Tumbelaka, Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Manado, Rabu (01/03).

Diketahui dalam rencana ekspor ikan tuna ke Jepang ini, Pemda Bone Bolango akan bekerjasama dengan Pemerintah Sulawesi Utara dan PT. Garuda Indonesia dan melibatkan seluruh eksportir ikan tuna yang ada di Gorontalo. (Adv/IH)