Di Surakarta Akan Dibangun Markas Kompi Brimob

SEMARANG, MEDGO.ID – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Pangdam IV/ Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto, yang didampingi oleh Wakapolda dan para pejabat utama Polda Jateng, Minggu (14/11/2021), menghadiri acara tasyakuran HUT Brimob Polri ke-76 di markar Satbrimob Polda Jateng. Kegiatan yang dilaksanakan di ksatrian setempat.

Ada tiga hal yang dilakukan oleh Kapolda Jawa Tengah dalam kegiatan tasyakuran HUT Brimob ke-76. Yang pertama adalah meresmikan rumah susun anggota di Srondol, Semarang dan Kaliwungu, Kendal, serta masjid. Kedua, menerima hibah tanah seluas 1,3 hektar dari Pemkot Surakarta untuk Brimob Polda Jateng dan ketiga memberikan nama baru untuk Ksatrian Brimob Srondol menjadi Ksatrian Brimob Raden Mas Bambang Soeprapto Dipokoesoemo.

Nama baru untuk Ksatrian Satbrimob Srondol adalah untuk mengabadikan perjuangan seorang Komisaris Polisi ll bernama RM Bambang Soeprapto Dipokoesoemo. Dia adalah seorang komandan Kompi Polisi Istimewa Semarang pada masa perang kemerdekaan. Saat itu RM Bambang Soeprapto bersama pasukannya, berjuang bersama masyarakat dalam pertempuran lima hari di Semarang.

BACA JUGA :  Penduduk Kabupaten Kendal: Lulusan SD dan SLTP Capai 43,53 Persen

Seperti diketahui, polisi istimewa merupakan embrio berdirinya mobile brigade yang pada akhirnya berubah nama menjadi brigade mobil seperti yang kita ketahui sekarang ini.

Kapolda Jateng, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Brimob merupakan kesatuan para militer yang dimiliki Polri dengan kualifikasi khusus penjinakan bom, penanganan terorisme, penanggulangan bencana alam dan tujuan lain apabila dibutuhkan.

BACA JUGA :  Penduduk Kabupaten Kendal: Lulusan SD dan SLTP Capai 43,53 Persen

Kapolda lebih lanjut memberikan apresiasi terhadap Brimob Polri khususnya Brimob Polda Jateng dalam mendukung pembinaan harkamtibmas di Jawa Tengah.

“Peran Brimob Jateng juga sangat besar dalam penanggulangan pandemi di wilayah Jawa Tengah. Dalam momen ulang tahun ini saya berharap Brimob tetap memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” kata Kapolda Jateng.

BACA JUGA :  Penduduk Kabupaten Kendal: Lulusan SD dan SLTP Capai 43,53 Persen

Sementara itu, Komandan Satuan Brimob Polda Jateng, Kombes Pol Farid Bachtiar Effendi, terkait dengan pemberian hibah tanah, menerangkan bahwa tanah hibah dari Pemkot Surakarta yang berlokasi di Pasar Kliwon tersebut, akan dibangun sebuah markas kompi Brimob.

“Selama ini kompi Brimob Surakarta belum mempunyai lahan sendiri. Hibah tanah dari Pemkot Surakarta akan kami gunakan untuk itu”, pungkas Kombes Pol Farid. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here