Coaching Clinic Sangat Berguna Bagi Desa, Bupati : Menuju Desa Yang Terencana

Kota Gorontalo, (MEDGO.ID) – Bupati Kabupaten Boalemo, Darwis Moridu saat membuka Coaching Clinic pengimputan APBDES berbasis Sistem Informasin Keuangan Desa (SISKEUDES) bagi perangkat Desa menegaskan, pemerintah daerah mengapresiasi adanya perubahan pengelolaan anggaran Dana Desa yang menggunakan aplikasi SISKEUDES.

“Bagaimana pemerintah desa dan perangkatnya dapat mengedepankan regulasi yang mengatur proses pengelolaan keuangan sejak tahap perencanaan hingga evaluasi pencapaian rogram selama satu tahun. Dan ini menjadi dasar pemerintah daerah meminta kepada BPKP perwakilan Provinsi Gorontalo memberikan bimbingan khusus terhadap pemerintah desa terkait alokasi dana desa di tahun 2020”, ungkap Bupati Darwis Moridu.

Pada pembukaan coaching clinic pengimputan APBDES berbasis Sistem Informasin Keuangan Desa ( SISKEUDES) yang bertempat di aula BPKP Provinsi Gorontalo di hadiri Kepala BPKP perwakilan Provinsi Gorontalo Supriyadi, Para Camat, Kepala Desa dan Bendahara Desa. Senin (17)2).

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Sementara Kepala Dinas Sosial dan PMD Boalemo Ulkia Qiu, aplikasi sistem informasi keuangan desa (SISKEUDES) merupakan aplikasi pengelolaan keuangan desa yang di kembangkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan ( BPKP) guna meningkatkan kualitas tata kelola desa.

Artinya sejak tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban, bagian kesatuan dari sistem aplikasi tersebut dan peluncuran aplikasi siskeudes juga bertujuan memudahkan desa dalam pembuatan peraturan Anggaran Pendapatan Belanja Desa ( APBDES) yang mengutamakan transparan dan akuntabel. (rh).