Cara Mengobati Sariawan, Yuk Cari Tahu Sekarang Juga

Ada cara mengobati sariawan yang lainnya yakni dengan menggunakan obat kumur. Kendati demikian, perlu kamu ingat apabila tidak semua obat kumur bisa

Cara mengobati sariawan tidaklah sulit seperti yang kamu bayangkan loh. Penyakit ini sendiri memang sering menyerang seseorang tanpa kenal waktu. Didalam istilah medis, sariawan sendiri disebut dengan stomatitis  aftosa atau canker core. Dimana ini merupakan luka yang terdapat pada area mulut yang mampu menimbulkan rasa sakit pada penderitanya.

Luka itu sendiri akan memiliki bentuk oval ataupun bulat. Biasanya berwarna putih ataupun kuning dengan bagian pinggir yang berwarna merah, biasanya ini disebabkan karena adanya peradangan. Lokasi sariawan ini sendiri tidak hanya pada bagian bibir saja, tetapi juga bisa pada gusi maupun lidah. Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir karena sariawan bukan penyakit menular.
Ada banyak penyebab sariawan bisa muncul. Tetapi penyebab yang paling umum adalah dikarenakan daya tahan tubuh yang dimiliki oleh seseorang yang lemah, kurangnya vitamin B12, sertanya diakibatkan karena adanya infeksi bakteri maupun virus. Bukan hanya itu saja, perubahan hormone juga bisa menyebabkan munculnya sariawan ini.

Cara Mengobati Sariawan

Karena rasa sakit yang timbul dari sariawan itulah akan membuat kamu tidak nyaman dalam memasukkan makanan maupun minuman ke dalam mulut. Hal ini tidak lain karena sariawan tersebut mempunyai sensitivitas, dimana akan menimbulkan rasa sakit. Rasa yang yang dirasakan setiap orang pun berbeda-beda. Berikut ini beberapa cara mengobati sariawan dengan bahan alami.
Madu
Untuk kamu yang menderita sariawan dan tidak kunjung sembuh, kamu bisa langsung mengoleskan sariawanmu dengan madu. Madu ini ternyata dipercaya menjadi bahan alami yang ampuh, karena mempunyai sifat anti radang serta anti bakteria. Sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan sariawanmu dengan cepat.

Kelapa

Selain segar dikonsumsi sebagai minuman pelepas dahaga, kelapa juga bisa menjadi obat untuk sariawan berikutnya. Kelapa sendiri mampu bekerja dengan cara melakukan pencegahan terhadap peradangan luka sariawan agar tidak semakin buruk. Selain itu, kelapa juga dipercaya mampu mengurangi adanya rasa sakit.

Air garam

Walaupun air garam ini bisa memicu rasa sakit yang hebat pada sariawan kamu, tetapi cara mengobati sariawan yang satu ini juga dipercaya cukup efektif loh. Kamu bisa langsung berkumur-kumur dengan menggunakan air garam selama kurang lebih 1-2 menit. Larutan garam itu sendiri juga mampu mencegah adanya infeksi pada mulutmu agar tidak semakin parah.
Mengobati Sariawan dengan Obat Kumur, Kortikosteroid, dan Es Batu
Menggunakan es batu

Selain digunakan untuk campuran minuman agar segar, es batu ternyata juga bisa menyembuhkan sariawan yang kamu derita. Hal ini karena biasanya sariawan ini akan menyebabkan lidah kamu mengalami pembengkan, sehingga akan terasa cukup menyakitka. Agar sariawan tersebut bisa segera kempis, maka kamu bisa melakukan mengompresan dengan es batu.
Menggunakan obat kumur

Ada cara mengobati sariawan yang lainnya yakni dengan menggunakan obat kumur. Kendati demikian, perlu kamu ingat apabila tidak semua obat kumur bisa kamu gunakan untuk mengobati sariawan kamu. Obat kumur yang cocok adalah yang mempunyai kandungan seperti antiseptic, athihistamin, anti jamur serta zat kortikorteroid.

Menggunakan obat kortikosteroid

Jika penggunaan cara alami diatas belum juga efektif untuk mengobati sariawan yang kamu derita, maka kamu bisa langsung menggunakan obat kortikosteroid. Obat ini sendiri bisa kamu temukan dengan mudah di apotek, dimana ampuh untuk menghilangkan sariawan.

Sariawan memang bisa menyerang siapapun dan tak kenal usia. Kedatangan sariawan ini sendiri juga bisa menjadi masalah tersendiri, karena sering menimbulkan rasa sakit. Agar sariawan segera teratasi, kamu bisa langsung menerapkan cara mengobati sariawan di atas. (MDG-05)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here