Berbasis Halal dan Syar’I, Wisata Danau Peristis Dicanangkan Bupati Bonebol

Bonebol, MEDGO.ID – Bupati Bone Bolango, Hamim Pou didampingi Wakil Bupati Merlan S. Uloli mencanangkan seluruh objek wisata di daerah itu menjadi wisata berbasis halal dan syar’i.

Pencanangan ini dilakukan saat Bupati Hamim Pou meresmikan revitalisasi Objek Wisata Danau Perintis, Pembangunan Foodcourt dan Spa/Sauna Objek Wisata Lombongo yang dirangkaikan dengan zikir dan sholawat akbar, Minggu (20/8/2023) malam.

Bupati Hamim menjelaskan pencanangan wisata berbasil halal dan syar’i, sebab 99 persen warga Bone Bolango beragama Islam dan sebagian besar  juga hidup dan mendapatkan rezeki dari kegiatan-kegiatan pariwisata yang halal, aman dan syarâi.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Apa itu wisata yang halal, aman dan syar’i? Paling tidak makanan yang disediakan atau dijual aman, menyehatkan dan halal, menyediakan tempat wudhu dan sholat, pakaian pengunjungnya juga harus lebih sopan.

“Ini adalah hal yang sederhana. Jangan sampai kita buat tempat-tempat wisata yang bagus dan viral, tapi menjadi sumber maksiat. Ini tidak boleh terjadi di tempat wisata yang ada di Bone Bolango,”jelas Bupati Hamim.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Bupati Bone Bolango dua periode itu, mengungkapkan wisata di Bone Bolango banyak dikembangkan untuk menghibur dan membahagiakan mata dan hati serta menjaga iman masyarakat.

Ia juga mengatakan Danau Perintis tersebut ditata menggunakan Dana PEN kemudian didukung oleh tata cahaya dari Wakil Kaetua DPRI RI, Rachmat Gobel sehingga membuat tempat itu menjadi icon baru di Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

“Ada ribuan orang yang datang kesini. UMKM semua hidup, parkirannya juga bagus, semua bisa mendapatkan penghasilan. Tugas kita sekarang adalah menjaga wisata ini, harus dirapikan semua, jangan sampai menjadi kumuh, sembraut agar bisa memberikan manfaat bagi kita semua,”tegasnya.

Selain Danau Perintis, revitalisasi dan pengembangan juga dilakukan di Pemandian Lombongo yang kini sudah memiliki sauna dan spa yang terpisah antara laki-laki dan perempuan serta bersifat syari serta terdalat foodcourt.