Arab Saudi Corner Di Sumatera Barat, Pertukaran Mahasiswa Indonesia – Arab Jadi Mudah

Padang, MEDGO.ID — Didampingi Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, dan Rektor UNP Prof. Ganefri, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia H.E. Esam bin Ahmed Abed Al Thaqafi, meresmikan Pusat Informasi dan Kebudayaan Arab Saudi atau Saudi Corner di Universitas Negeri Padang (UNP), Sabtu (29/1/2022). Peresmian yang turut dihadiri Walikota Padang Hendri Septa ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembunyian sirine.

Keberadaan Saudi Corner menurut Syeikh Esam akan mempererat kerjasama yang telah terjalin selama ini antara Kerajaan Arab Saudi dengan Indonesia, khususnya dengan Sumatera Barat dan UNP.

“Kami senang bisa membantu dan menjalin kerjasama dengan UNP  Saudi Corner akan jadi pusat informasi budaya Arab di Sumbar dan juga pusat kegiatan ilmiah. Nanti akan ada juga beasiswa bagi mahasiswa dan ini baru permulaan dan akan terus meningkat pada tahun berikutnya. Saudi Corner juga akan menjadi jembatan kerjasama dengan LIPIA dan universitas lain di Saudi,” ujar Syeikh Esam, seperti disampaikan penerjemah, yang dikutip dari website pemprov Sumatera Barat

Gubernur Mahyeldi menyambut baik kehadiran Dubes dan peresmian Saudi Corner. Buya Mahyeldi berharap kunjungan Dubes dan kehadiran Saudi Corner akan semakin memperkokoh hubungan Ranah Minang dengan Arab Saudi yang sudah terbangun sejak lama.

“Selamat datang di Ranah Minang dan terimakasih atas diresmikannya Saudi Corner. Dengan bantuan Dubes Arab Saudi, semoga LIPIA cabang Sumbar juga akan segera berdiri di Sumbar. Terimakasih juga atas ditetapkannya Masjid Raya Sumbar sebagai masjid yang memiliki arsitektur terbaik di dunia. Semoga dengan penghargaan ini akan semakin menguatkan ikatan masyarakat Sumbar dengan Arab Saudi. Dan, sister province antara Sumbar dengan Madinah bisa terbangun,” ungkap Buya Mahyeldi.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Rektor UNP, Ganefri, mengharapkan Saudi Corner dapat bermanfaat bagi mahasiswa UNP dan ia beharap seluruh lapisan masyarakat Sumbar juga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Dengan Arab Saudi Corner ini, pertukaran mahasiswa, budaya, dan kerjasama di bidang akademik lainnya lebih mudah terwujud. Peluang itu juga terbuka lebar buat segenap perguruan tinggi lain di Indonesia,” kata Ganefri.

BACA JUGA :  Empat Pelaku Pembunuhan Brian Husain Terancam Hukuman Mati

Acara peresmian ini dilanjutkan dengan peninjauan Saudi Corner yang berada di lantai I Gedung Perpustakaan UNP tersebut. Dalam Saudi Corner ini terdapat berbagai buku dan literatur tentang Arab Saudi, Islam, sains dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.(doa/via/MMC)