Aksi Penambang Gorontalo Minta PT Gorontalo Mineral Tidak “Serakah” Kuasai Kawasan Tambang

Massa Aksi penambang Gorontalo saat berada di DPRD Provinsi Gorontalo, yang menuntut salah satunya agar PT Gorontalo Mineral berbagi kawasan pertambangan (Foto IST)

Gorontalo, MEDGO.IDAksi panmbang Gorontalo, cukup menggetarkan suasana masyarakat sekitar, saat melakukan demo di DPRD Bone Bolango dan Deprov Gorontalo. Di antara tuntutan nya, meminta agar PT Gorontalo Mineral pemegang Kontrak Karya tak serakah, mengolah sendiri kawasan pertambangan Gorontalo, khususnya di lokasi tambang rakyat Suwawa.

Ribuan massa yang tergabung dalam Aliansi Penambang Rakyat Suwawa menggelar aksi dalam bentuk kesepakatan di depan Kantor DPRD Kabupaten Bone Bolango, Senin, (14/03)

Kedatangan ratusan massa tersebut untuk menyampaikan beberapa tuntutan yang akan disampaikan ke pemerintah melalui DPRD Kabupaten Bone Bolango.

BACA JUGA :  Rapat Konsolidasi DPD dan DPC PJS se-Kepulauan Riau, Mahmud Marhaba Paparkan Visi Misi Organisasi
Massa aksi yang diterima langsung Anggota DPRD Bone Bolango, Usman Hulopi, Senin (14/03) (foto Imran Husain/MedgoID)

Adapun, 5 Tuntutan para masyarakat penambang tersebut yakni ;

1. Meminta pihak luar tidak melakukan intervensi urusan pertambangan rakyat Suwawa.
2. Meminta Forkompida Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo tidak mengekang akivitas pertambangan rakyat Suwawa, demi hajat hidup rakyat Suwawa (sumber pendapatan utama masyarakat Suwawa)
3. Meminta Forkopimda Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo menjadi penengah dan mencarikan solusi terhadap aktivitas pertambangan rakyat Suwawa.
4. Meminta PT. Gorontalo Mineral memberikan ruang bagi rakyat Suwawa dalam pengolahan kekayaan alam/pertambangan Suwawa.
5. Jika terjadi penertiban, pengekangan, monopoli terhadap pertambangan rakyat Suwawa. Seluruh penambang suwawa yang sejak dahulu melakukan aktivitas penambangan sebelum Provinsi Gorontalo terbentuk ,akan meminta pertanggung jawaban kehidupan kepada Forkopimda Bone Bolango, Forkopimda Provinsi Gorontalo, PT Gorontalo Mineral.

BACA JUGA :  Pemerintah Pastikan Program Konversi Kompor Listrik Belum Diberlakukan Tahun Ini

Sebelumnya, Koordinator Lapangan Aliansi tersebut menyampaikan, aksi ini sudah dilakukan di depan Kantor Bupati Bone Bolango dan telah mendapat kesepakatan bersama.

“Adanya petisi penandatanganan antara eksekutif dan legislatif, Pak Bupati sudah menandatangani, maka sekarang dari DPRD sendiri siapa yang berani mempertangungjawabkan untuk siap mendukung rakyat,” ujar Korlap

BACA JUGA :  Berakhir Rusuh Pasca Pertandingan Arema FC Vs Persebaya, Polisi Kewalahan Tembakan Gas Air Mata

Sementara itu, berhubung Ketua DPRD Bone Bolango, Halid Tangahu sedang berada di luar daerah, melalui Anggota DPRD, Usman Hulopi mengatakan pihaknya akan menampung seluruh aspirasi dan menindaklanjutinya.

“Kami akan laporkan ini ke beliau. Insya allah akan ditindaklanjuti melalui Banmus, kalau kiranya memang memenuhi syarat untuk membuat Pansus, maka kita akan adakan Pansus,”

“Supaya wadah ini yang akan mengundang ke semua stakeholder kebijakan untuk duduk bersama untuk menyahuti aspirasi 5 tuntutan dari pada masyarakat para penambang pada hari ini,”pungkas Usman. (IH)