Fraksi Nasdem-PAN : ADD Harus Sesuai Kebutuhan Masyarakat, Bukan Keinginan Kades

Bonebol, (MEDGO.ID)- Optimalisasi pembangunan di tingkat Desa tentunya tidak lepas dari peran masyarakat untuk berkontribusi mewujudkan desa menuju ekonomi mandiri.

Begitu kata Usman Hulopi, Ketua Fraksi Nasdem-Amanah, DPRD Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Menurutnya, untuk mewujudkan desa maju ekonomi mandiri, dibutuhkan seorang pimpinan memiliki jiwa visioner dan mampu berinovasi, membangunan desanya. Dan diharapkan, tidak hanya bergantung ke pemerintah kabupaten, dan pemerintah setingkat diatasnya.

” Saya mengharapkan pembangunan desa harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat bukan karena keingingan kades. ” kata Usma Hulopi lagi.

Pemerintahan desa harus mewujudkan upaya keinginan rakyat desa, dengan program benar-benar skala prioritas yang tentunya kearah peningkatan kesejahteraan dengan output menekan kesenjaga sosial di Desa itu sendiri.Politisi PAN ini mengungkapan , inovasi yang dimaksudkannya itu mencakup semua bidang. Entah itu infrastruktur, program pendidikan atau peningkatan ekonomi desa.

“Ada tiga hal yang menjadi ikon keberhasilan seorang pemimpin di desa. yakni : Mampu menekan angka kemiskinan, Mampu menarik partisipatif dari masyarakat, terakhir mampu menggali potensi pendapatan desa” Ungkapnya.

Diakuinya, tidak sedikit desa yang dijumpai, membuat program yang justru tak sesuai yang diharapkan. Harusnya ada skala prioritas.“Beberapa program yang sering tidak kena sasaran, Misalnya pembukaan jalan yang menggunakan dana ratusan juta, Tapi pemukiman masyarakat hanya 2-3 rumah tentunya hal ini tidak sesuai dengan harapan kami” ketusnya.(Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here