Anggota Baru DPRD yang Mengikuti Orientasi Didoakan Agar Mampu Jalankan Amanah

Bone Bolango, MEDGO.ID – Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin yang diwakili Kepala Badan pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki, mendoakan anggota baru DPRD diberikan kemudahan dalam  menjalankan amanah dengan penuh integritas, profesionalisme, dan dedikasi yang tinggi sebagai wakil rakyat kabupaten/kota untuk lima tahun ke depan.

Hal itu disampaikan Budiyanto saat membuka orientasi anggota DPRD kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo hasil Pemilu tahun 2024 di Hotel Fox Kota Gorontalo, Rabu (28/8/2024).

Menurut Budiyanto, orientasi ini merupakan bagian dari rangkaian tahapan yang sangat strategis bagi para anggota DPRD yang baru terpilih hasil Pemilu 2024. Dalam orientasi ini, anggota dewan mendapat pemahaman yang lebih mendalam mengenai tugas, fungsi dan kewajiban sebagai wakil rakyat di daerah masing-masing.

BACA JUGA :  PT BTL dan IGL Tegaskan Kegiatan Bisnis Sesuai Regulasi, Beri Manfaat untuk Masyarakat

Tahun ini, orientasi diikuti oleh 170 orang anggota DPRD yang berasal dari enam kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo, yang terdiri atas Kota Gorontalo 30 orang, Kabupaten Bone Bolango 25 orang, Kabupaten Pohuwato 25 orang, Kabupaten Gorontalo Utara 25 orang, Kabupaten Boalemo 25 orang, dan Kabupaten Gorontalo 40 orang.

“Saya yakin bahwa dengan semangat kebersamaan serta rasa tanggung jawab yang tinggi, kita semua dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Gorontalo,” kata Budiyanto.

BACA JUGA :  Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Musnahkan Barang Bukti Narkotika

Budiyanto menjelaskan tantangan yang dihadapi ke depan tidak ringan, perubahan kebijakan, dinamika politik, serta kebutuhan masyarakat yang terus berkembang menuntut untuk senantiasa adaptif dan responsif. Orientasi ini diharapkan dapat membekali para anggota DPRD dengan pengetahuan yang memadai tentang berbagai aspek pemerintahan daerah, peraturan perundang-undangan, serta teknik legislasi yang akan menjadi dasar dalam pelaksanaan tugas ke depan.

Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara eksekutif dan legislatif dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien, sinergi yang baik antara kedua lembaga ini akan menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan di Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA :  Sebanyak 14 OPD Pemprov Gorontalo Terima Penghargaan Statistik

Budiyanto juga mengingatkan bahwa tanggung jawab sebagai anggota DPRD bukanlah hal yang ringan, anggota DPRD adalah wakil rakyat yang dipercaya untuk menyuarakan aspirasi, memberikan solusi, dan menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat.

”Saya berharap melalui kegiatan ini Saudara-Saudara sekalian dapat memperoleh pengetahuan yang bermanfaat dan siap untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, jangan pernah berhenti belajar, karena dalam dunia yang terus berubah ini, kita dituntut untuk selalu mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas kita sebagai pemimpin daerah,” ujar Budiyanto.