110 Pejabat Administrator dan Pengawas Pemkot Gorontalo Resmi Dilantik 

Kota Gorontalo, MEDGO.ID — Pada Kamis, 21 Maret 2024, sebuah acara pelantikan yang penting digelar di Gedung Bandayo Lo Yiladiya Rumah Jabatan Wali Kota Gorontalo. Sebanyak 110 pejabat administrator dan pengawas resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha. Acara ini menjadi momen yang dinanti-nantikan bagi lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo dan menandai langkah awal bagi para pejabat yang baru dalam memimpin dan melayani masyarakat.

Menurut data yang diperoleh dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Gorontalo, dari total 110 pejabat yang dilantik tersebut, terbagi menjadi 1 Eselon 3A, 2 Eselon 3B, 56 Eselon 4A, dan 51 orang Eselon 4B. Ini menandakan keberagaman struktur organisasi dalam pemerintahan kota tersebut.

Dalam pidatonya, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, menekankan pentingnya para pejabat yang baru dilantik untuk memegang teguh nilai dasar Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana tercantum dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2023. Marten menggarisbawahi nilai-nilai seperti fokus pada pelayanan publik yang prima, akuntabilitas, kompetensi yang terus berkembang, harmoni, loyalitas, adaptabilitas, dan kolaborasi yang sinergis.

Kredit Mobil Gorontalo

“Pelayanan publik harus menjadi fokus utama kita sebagai ASN. Kita memiliki tanggung jawab besar untuk melayani masyarakat dengan cepat, efisien, dan solutif,” ujar Wali Kota Marten.

Lebih lanjut, Marten menegaskan pentingnya kepercayaan yang diberikan kepada setiap ASN. Mereka diingatkan untuk menjalankan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, dan berintegritas tinggi. Ia juga menekankan penggunaan kekayaan dan aset daerah dengan efektif dan efisien, serta untuk tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

BACA JUGA :  Pasukan Kuning DLH Kota Gorontalo Beraksi: Pasar Senggol Bersih dari Sampah di Hari Raya

“ASN harus terus belajar dan mengembangkan kapabilitas mereka untuk tetap relevan dan berdaya saing dalam menghadapi dinamika tugas-tugas yang semakin kompleks,” tambahnya.

Marten juga menyoroti pentingnya harmoni dalam lingkungan kerja. Ia mengingatkan bahwa dalam struktur organisasi, baik jabatan administrator maupun pengawas memiliki hubungan kerja yang erat sebagai atasan dan bawahan. Oleh karena itu, sikap saling peduli dan menghargai perbedaan dianggap krusial dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan produktif.

BACA JUGA :  Momentum Griya Hari Ketiga di Rudis Penjagub, Mualaf dan Disabilitas Jadi Tamu Istimewa

Acara pelantikan ini tidak hanya sekadar seremoni formal, namun juga merupakan momentum bagi para pejabat yang baru untuk merenungkan tanggung jawab dan komitmen mereka sebagai pelayan publik. Diharapkan, para pejabat yang baru dilantik akan mampu menjalankan tugas-tugas mereka dengan penuh dedikasi dan memenuhi harapan masyarakat Kota Gorontalo.