UNG Terjunkan Ratusan Mahasiswa Laksanakan Program Kuliah Kerja Nyata

GORONTALO, MEDGO.ID – Ratusan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo bersama mahasiswa Universitas Gadjah Mada akan melaksanakan kegiatan pengabdian untuk masyarakat di Provinsi Gorontalo. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilakukan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang akan dilaksanakan selama 49 hari mendatang.

Kepala Pusat KKN UNG Dr. Rosbin Pakaya, M.Pd., mengatakan, kegiatan pengabdian mahasiswa meliputi dua program yakni KKN kolaborasi UNG-UGM serta KKN profesi kesehatan. Nantinya seluruh mahasiswa tersebut akan melaksanakan pengabdian mendukung kesejahteraan masyarakat, dengan rincian KKN kolaborasi pada 7 desa serta KKN profesi kesehatan pada 21 desa yang tersebar di wilayah Provinsi Gorontalo.

“Pelaksanaan KKN dimulai sejak tanggal 1 Juli 2024 sampai dengan 19 Agustus 2024 mendatang. Untuk KKN kolaborasi melibatkan sebanyak 140 mahasiswa UNG dan 77 mahasiswa UGM, sedangkan progran KKN profesi kesehatan paling banyak melibatkan peserta dengan jumlah 385 mahasiswa,” jelas Rosbin.

BACA JUGA :  Pj. Gubernur Paparkan Langkah Penanganan Bencana Alam di Gorontalo

Rektor UNG Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., mengungkapkan pelaksanaan program KKN merupakan salah satu bentuk komitmen UNG, dalam mendukung pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengabdian. Untuk itu Eduart meminta kepada mahasiswa untuk memanfaatkan program KKN, untuk menyerap serta melihat kondisi yang ada di masyarakat saat ini.

“Dengan melihat kondisi tersebut mahasiswa tentunya harus mempunyai prognosa, bawah dalam beberapa tahun kedepan kondisi tersebut harus bagaimana melalui apa yang harus disiapkan sekarang dan juga nanti,” pesan Eduart. (**)