Sukses Turunkan Tengkes, Gorontalo Terima Insentif Rp5,8 Miliar

Jakarta, MEDGO.ID  – Provinsi Gorontalo menerima penghargaan atas keberhasilannya dalam penurunan tengkes yang diserahkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Jumat (06/10/2023) di Istana Wapres, di Jakarta.

Penghargaan itu diserahkan pada acara Rakornas Percepatan Penurunan Tengkes (Stunting) tahun 2023. Provinsi Gorontalo menerima Alokasi Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan Tahun Anggaran 2023, Kategori Percepatan Penurunan Stunting sebesar Rp5.866.411.000, yang diterima oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki.

“Provinsi Gorontalo alhamdulillah diapresiasi bersama daerah-daerah lain. Apresiasi yang diberikan dalam bentuk insenstif fiskal senilai Rp5,8 Miliar, itu untuk membantu dan menstimulus percepatan penurunan tengkes. Karena target seluruh Indonesia harus di angka 14 persen di tahun depan. Kita di Gorontalo akan terus mengupayakan ini, meskipun angka tengkes kita masih d angka 23 persen berdasarkan data SSGI,” kata Budiyanto usai menerima penghargaan.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Pihaknya menambahkan hal lain yang ditekankan Ma’ruf Amin adalah di tahun depan bertepatan dengan tahun politik, penurunan angka tengkes harus tetap menjadi prioritas. Pergantian kepemimpinan di pusat dan daerah pada tahun 2024 diharapkan tetap mengakomodasi percepatan penurunan stunting sebagai program prioritas Nasional.

“Harapan pak Wapres adalah Penjabat Gubernur dan Bupati/Walikota serta seluruh pimpinan OPD untuk terus mengawal pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 sekaligus memastikan penurunan tengkes menjadi program prioritas pada transisi pemerintahan. Ini juga yang harus kami lakukan di Provinsi Gorontalo,” tandasnya.