Sandiaga Uno Dorong UMKM di Gorontalo Tembus Pasar Global

Kota Gorontalo, Medgo.ID — Produk UMKM di Provinsi Gorontalo diharapkan bisa go digital agar mampu menembus pasar global, sehingga akselerasi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa segera terwujud.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat menghadiri pembukaan Hulonthalo Art and Craft Festival 2022, yang digagas oleh Bank Indonesia perwakilan Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, yang berlangsung di GPCC Kota Gorontalo, Rabu (13/07).

Dimana, Sandiaga mengungkapkan bahwa sesuai data Bank Indonesia tahun 2020 mencatat kenaikan transaksi penjualan melalui e-commerce.

BACA JUGA :  Gempa Bumi Guncang Bolang Uki Bolsel 5.7 SR, ini Daerah Terdampak Sampai Kota Gorontalo

“Untuk UMKM di Provinsi Gorontalo sendiri akan terus kita dorong ke pasar digital, agar tumbuh berkembang menjadi usaha yang besar,” ucap Sandiaga

Sandiaga menjelaskan, saat ini pihaknya siap untuk menata ekonomi baru pasca pandemi, meski saat ini keadaan ekonomi masih menghadapi tantangan.

Namun, pihaknya meyakini melalui beberapa program yang selalu disandingkan, akan membawa Gorontalo bisa menjadi lokomotif untuk kebangkitan ekonomi kreatif yang nantinya akan menopang ekonomi ekstraktif yang ada di Gorontalo.

BACA JUGA :  Gobel Minta Pemda Kalbar Serius Membangun Ekonomi Kawasan Perbatasan

“Saya ingin produk kreatif Gorontalo seperti fashion karawo ini yang sekarang mulai mendunia semakin memiliki kualitas yang baik. Selain karawo ada juga produk ekonomi kreatif lainnya seperti kuliner yang terkenal ada pia saronde, ikan khas nike, ini dapat menjadi acuan ekspor dan import,” harapnya

Sementara itu, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyampaikan pihaknya siap mendukung pemulihan ekonomi nasional, melalui pemberdayaan UMKM yang bergerak di industri kreatif dalam menopang sektor pariwisata di Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA :  Gempa Bumi Guncang Bolang Uki Bolsel 5.7 SR, ini Daerah Terdampak Sampai Kota Gorontalo

“Seperti harapan pak Menteri, saya pun berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan ruang bagi pelaku UMKM maupun pelaku industri kreatif untuk terus berinovasi, berkarya menghasilkan produk kreatif, yang mampu bersaing baik di skala nasional maupun di skala internasional,” jelas Hamka.

Selain Menparekraf, kegiatan ini turut dihadiri Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destri Damayanti, Kepala OJK Sulut-Go, Kepala BI perwakilan Provinsi Gorontalo dan unsur Forkopimda. (**)