Penjagub Sambut Kedatangan Menteri PPPA RI di Gorontalo

Kabgor, MEDGO.ID – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati berkunjung ke Gorontalo, Rabu, (27/9/2023).

Menggunakan pesawat Batik, Menteri PPPA dan rombongan tiba pukul 08.15 Wita di terminal Bandar Udara Djalaludin baru. Rombongan kemudian menuju ruang vip terminal bandara lama dan langsung disambut dengan adat Mopotilolo

Kedatangan Menteri yang biasa disapa Bintang Puspayoga ini disambut Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, Penjabat Sekdaprov Budiyanto Sidiki, perwakilan unsur Forkopimda, Kepala Dinas PPPA Provinsi Gorontalo dan pimpinan OPD terkait lainnya.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Gorontalo. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruang VIP, prosesi Mopotilolo dimulai dengan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Bintang Puspayoga bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

Kunjungan kerja Menteri PPPA sendiri di Gorontalo akan berlangsung selama dua hari kedepan. Usai penyambutan adat Mopotilolo, rombongan dijadwalkan bergerak menuju Hotel El Madinah Kota Gorontalo, dalam rangka membuka kegiatan pelaksanaan Advokasi PUG dan Launching BRIMOB SIMAKO untuk Penanganan dan Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Provinsi Gorontalo. Malam harinya rombongan akan dijamu makan malam bersama pemerintah setempat di Rujab Gubernur.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Pada Kamis (besok) Menteri Bintang Puspayoga akan melakukan kunjungan kerja ke Desa Ayula Selatan, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango yang menjadi program Pilot Project Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Gorontalo. Usai kegiatan tersebut rombongan akan langsung bertolak ke Bandara Djalaluddin Gorontalo kembali ke Jakarta. (Adv/IH)