Penjagub Ismail Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI), di Lapangan Kompi Bantuan Batalyon Infanteri (Kiban Yonif) 713/ST, Kota Gorontalo, pada Kamis (5/10/2023). Perayaan HUT ke-78 para prajurit bangsa ini mengusung tema, TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju.

Melalui amanat Panglima TNI yang disampaikan oleh Komandan Korem 133/Nani Wartabone (NWB), Brigjen TNI Totok Sulistyono, momentum perayaan HUT ke-78 diminta agar dijadikan bahan introspeksi untuk menjadikan TNI lebih profesional dan modern. Harapannya, TNI juga dapat lebih tangguh di depannya.

“TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi, untuk itu saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan para prajurit selama ini. Terlepas dari itu semua, kita juga tidak boleh terlena, karena beragam tantangan yang nanti akan kita hadapi tidaklah ringan,” ujar Komandan Korem 133/NWB.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Panglima TNI juga menegaskan bahwa melalui kekuatan TNI sebagai komponen utama ketahanan negara, maka TNI juga berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam pengawalan demokrasi di negeri ini. Utamanya pada tahun 2024 mendatang akan ada pemilihan yang tenang, seluruh prajurit diminta untuk antisipatif melihat dinamika dan situasi perkembangan bangsa. Mewujudkan pemilu yang aman, damai dan sejuk serta menjadi komitmen bersama.

Turut hadir dalam upacara, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Angesta Romano Yoyol, Kepala Kejaksaan Tinggi Purwanto Joko Irianto, Ketua DPRD Provinsi Paris RA Jusuf, Kepala Pengadilan Tinggi Gorontalo, serta unsur Forkopimda lainnya.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Pasukan peserta upacara terdiri dari Kelompok Perwira Menengah (Pamen) dan Perwira Pertama (Pama) Korem 133/NW, Kodim 1314 Gorontalo Utara, dan Kodim 1315 Kabupaten Gorontalo.

Selanjutnya, Brigade Infanteri 22/Ota Manasa, Batalyon Infanteri Raidar 715/Motuliato, Batalyon Infanteri 713/Satyatama, dan Kodim 1304 Kota Gorontalo. Ada juga Angkatan Laut Bersenjata, Brimob Polda Gorontalo, Komponen Cadangan Provinsi Gorontalo, Resimen Mahasiswa Pramuka Saka Wirakartika, dan SMA Terpadu Wira Bakti.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Setelah upacara berlangsung, acara perayaan HUT ke-78 TNI tersebut dilanjutkan dengan acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng. Kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tama dan pemberian sosial berupa sembako oleh Pejabat Forkopimda Gorontalo kepada perwakilan masyarakat penerima bantuan. (Adv/IH)