Penjagub Hamka Pastikan Kondisi Malam Natal di Gorontalo Aman dan Nyaman

Kota Gorontalo, Medgo.ID — Kondisi Gorontalo di malam Natal terpantau aman, tertib, dan terkendali. Hal itu dipastikan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, usai memantau kondisi keamanan dan pelaksanaan ibadah di sejumlah gereja yang ada di Kota Gorontalo, Sabtu malam (24/12).

“Kondisi keamanan beribadah di malam Natal hari berjalan lancar. Mudah – mudahan kondisi ini berjalan dengan baik sampai besok hingga tahun baru 2023,” ucap Hamka

Dalam pantauan malam itu, Penjagub Hamka bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Gorontalo, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dan organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, memantau kondisi keamanan di tiga gereja.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Adapun lokasi pertama yang didatangi oleh rombongan yakni, Gereja Katolik Santo Kristoforus di Jalan 23 Januari. Rombongan kemudian bergeser ke Gereja Protestan Jemaat Imanuel di Jalan P. Kalengkongan Kota Gorontalo.

Terlebih, kedatangan Penjagub bersama Forkopimda di gereja ini disambut oleh Pendeta Berni Tumampas. Di Gereja Protestan ini ada kurang lebih 600 jemaat sementara melaksanakan ibadah malam Natal.

Kemudian, rombongan menuju Gereja JKI FHCC dan disambut langsung oleh Pendeta Hanani Meliando. Di gereja ini sementara berlangsung ibadah malam Natal yang dihadiri oleh kurang lebih 300 jemaat.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

“Menemui pendeta tadi, kami menyampaikan ibadah Natal berjalan dengan baik, kami meminta agar jaga solidaritas, kemudian juga kami yang mayoritas umat muslim menjamin adanya ketentraman bagi umat nasrani untuk dapat menjalan ibadahnya dengan baik,” tuturnya

“Kami datang bersama ormas – ormas islam, Mahasiswa, GP Ansor, PMI, HMI FKUB dan FKDM ini, kita memperlihatkan solidaritas dan toleransi beragama bahwa yang mayoritas itu mampu melaksanakan toleransi yang tinggi terhadap minoritas di Provinsi Gorontalo,” tandasnya

Sementara itu, Kapolda Gorontalo, Helmy Santika menyebutkan personel yang tergabung dalam keamanan ini sebanyak 1808 Personel.

“Personel ini terdiri dari gabungan Personel dari TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan termasuk juga kita melibatkan adik -adik mahasiswa,” jelas Kapolda

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Kapolda menambahkan, kegiatan yang di gelar malam ini dalam rangka melakukan kunjungan langsung ke tempat ibadah yang dilakukan oleh umat nasrani, dengan tujuan agar perayaan ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman, sehingga ibadahnya pun bisa dilakukan secara lebih hikmat.

“Kita datang bersama – sama dengan sejumlah unsur ini agar menunjukan bahwa kita di Gorontalo bersatu padu memberikan situasi aman, nyaman, dan kondusif kepada saudara -saudara kita yang merayakan,” pungkas Kapolda Helmy Santika.