Penjagub Gorontalo Pantau Evakuasi Korban Longsor di Suwawa Timur

Bonebol, MEDGO.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, memantau langsung proses evakuasi korban longsor di Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (9/7/2024). Posko utama yang terletak di Desa Poduwoma menjadi pusat koordinasi karena merupakan akses terakhir yang bisa dilewati kendaraan menuju tambang rakyat Tulabolo.

BACA JUGA :  Pj. Gubernur Paparkan Langkah Penanganan Bencana Alam di Gorontalo

Di posko ini, tim gabungan dari Polri, TNI, SAR, BPBD, dan Dinas Kesehatan bersinergi untuk menyelamatkan dan mengidentifikasi korban. Tim pencari harus berjalan kaki sejauh 27,3 km menuju lokasi tambang guna melanjutkan pencarian.

Satu unit helikopter Polri disiagakan di posko untuk memfasilitasi evakuasi. Pada hari ini, sembilan jenazah berhasil dievakuasi dan siap diidentifikasi, menjadikan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 20 orang. Sebelumnya, 11 jenazah telah dievakuasi, termasuk satu jenazah laki-laki yang sulit dikenali. Hingga saat ini, 51 orang masih dilaporkan hilang dan 46 orang telah ditemukan selamat.

BACA JUGA :  Mahasiswa Papua di Gorontalo Kecam Pelanggaran HAM dan Tolak Pembangunan Logistik di Distrik Agandugume

“Evakuasi hari ini berjalan dengan baik berkat kerja keras semua pihak. Kami mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, BPBD, Dinas Kesehatan, serta para relawan yang telah membantu dalam pencarian dan penyelamatan,” ujar Rudy Salahuddin.”

Semoga proses evakuasi berikutnya juga berjalan lancar dan semua korban yang hilang dapat ditemukan,” tambahnya.