Peningkatan Kapasitas SDM Pelaku UMKM, Kemenkopukm dan Pemprov Gorontalo Gelar Pelatihan

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo mengadakan kegiatan “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pelaku UMKM” pada Jumat, 5 Juli 2024. Acara ini digelar di Hotel Aston, Gorontalo, dengan partisipasi dari berbagai pelaku UMKM di daerah tersebut.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge, dalam sambutannya, menekankan pentingnya peningkatan kapasitas bagi pelaku UMKM untuk menghadapi tantangan ekonomi yang semakin dinamis. “UMKM merupakan tulang punggung perekonomian kita. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sektor ini akan mendorong inovasi dan daya saing mereka di pasar lokal maupun global,” ujar Risjon.

Risjon juga menggarisbawahi peran strategis UMKM dalam mendukung perekonomian lokal Gorontalo. Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan, tetapi juga untuk memfasilitasi pertumbuhan dan ekspansi UMKM di daerah tersebut. “Kami berharap para pelaku UMKM dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan usaha mereka,” tambahnya.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Gorontalo Serahkan Rancangan KUA-PPAS 2025 ke DPRD dalam Rapat Paripurna

Acara ini mencakup berbagai sesi pelatihan yang berfokus pada peningkatan kompetensi pelaku UMKM, mulai dari manajemen bisnis, pemasaran digital, hingga strategi peningkatan produktivitas. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan narasumber berpengalaman dari berbagai bidang.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari para pelaku UMKM yang hadir. Mereka menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dalam memberikan wawasan baru dan strategi praktis untuk mengembangkan usaha mereka di tengah persaingan yang ketat.

BACA JUGA :  Divisi Kebencanaan UNG Berikan Bantuan Medis Kepada Korban Longsor Suwawa Timur

Kemenkopukm dan Pemprov Gorontalo berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan UMKM di Gorontalo melalui berbagai inisiatif dan program yang dapat memperkuat daya saing dan keberlanjutan usaha kecil dan menengah. (IH)