Pencernaan Sehat Dengan Bubur Tepung Umbi Garut

KENDAL, MEDGO.ID – Umbi Garut memang kalah populer dibandingkan dengan singkong, kentang, ataupun ubi jalar, akan tetapi Umbi Garut (Maranta arundinacea), juga memiliki peranan dan manfaat yang cukup besar karena bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras.

Karena kalah tenar, umbi garut masih jarang dibudidayakan untuk dijual secara umum.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung dengan cara direbus atau dikukus, umbi Garut juga bisa dibuat menjadi tepung dan memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi tubuh kita.

Dari namanya mungkin Anda pasti menebak bahwa umbi ini berasal dari Garut, sebenarnya bukan.
Tanaman Garut, diduga berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara serta Ekuador bagian barat. Namun kini tersebar di berbagai wilayah tropis termasuk di Indonesia.

Di setiap daerah, umbi Garut memiliki nama yang berbeda-beda. Di Kendal dikenal dengan nama Erut, di Grobogan dengan nama Klerut, dan di Brebes Selatan dengan nama Angkrik. Sementara di luar negeri dikenal sebagai Arrowroot.

Kandungan Gizi Umbi Garut
Kandungan zat di dalam umbi garut cukup bervariatif, di antaranya adalah protein, lemak, serat, air, pati, zat besi, magnesium, abu, fosfor, vitamin B6, kalium, folat, riboflavin, dan tiamina.

Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan Tubuh
Berikut manfaat umbi garut sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh:
1. Umbi garut mampu mencegah anemia
Umbi garut merupakan sumber energi. Kandungan karbohidrat, lemak, dan protein dalam umbi garut merupakan sumber energi yang kaya bagi tubuh. Kandungan zat besi yang tinggi dalam umbi garut dapat memperlancar peredaran darah dan mencegah anemia.

2. Umbi garut sebagai obat luka luar
Bisa pula umbi garut ini dijadikan obat luka. Caranya adalah dengan mencampurkan air dengan pati umbi garut. Setelah kental, campuran itu dapat dijadikan salep oles untuk menyembuhkan luka luar.

4. Umbi garut baik untuk ibu hamil
Umbi garut juga bisa diolah menjadi tepung untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan kue.
Kandungan asam folat dalam umbi garut mampu memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak, terutama pada bayi dan janin.

5. Umbi garut menjaga kesehatan pencernaan.
Jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi umbi garut. Kandungan serat yang terdapat di dalam umbi garut mampu melancarkan pencernaan dan menghindarkan diri dari gejala gangguan pencernaan seperti sembelit, wasir, dan diare.

6. Umbi garut dengan berbagai manfaat lainnya
Selain untuk kesehatan, umbi garut pun dapat diolah menjadi tepung; dijadikan pengenyal dan pengental makanan; dijadikan bedak; dijadikan bahan pembuat kertas.

Semetara itu ampas atau limbah dari umbi Garut pun dapat dijadikan pakan ternak, sehingga tidak ada bagian dari pemrosesan umbi Garut ini yang terbuang.

Mengobati mag dengan bubur tepung Umbi Garut
Bahan
1. Tepung umbi Garut: 1 1/2 sendok makan.
2. Air bersi layak minum: 1 gelas.
3. Gula merah atau gula batu: Secukupnya.
4. Garam: Secukupnya.

Alat
1. Panci untuk merebus.
2. Pengaduk.
3. Gelas.

Cara membuat.
1. Tuang 1 gelas air ke dalam panci, panaskan hingga mendidih.
2. Takar tepung Garut sebanyak 1 1/2 maka, masukkan ke dalam gelas, lalu tuangkan air secukupnya. Aduk hingga jadi adonan cair.
3. Tuangkan adonan ke dalam air yang mendidih, aduk hingga kental. Lalu matikan api.
4. Masukkan gula merah dan garam. Aduk hingga rata.
5. Setelah itu, diamkan bubur hingga hangat- hangat kuku.
6. Bubur siap disantap.

Selamat mencoba. Sehat alami dengan tepung Garut. Semoga bermanfaat bagi Anda. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here