Pembangunan Kanal Tanggidaa, Pemprov Gorontalo Sepakat Pengalihan Rute Kendaraan Kontainer

Kota Gorontalo, MEDGO.ID — Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) telah menyetujui pengalihan rute untuk kendaraan kontainer selama proses pembangunan Kanal Tanggidaa. Kesepakatan ini diumumkan pada rapat koordinasi yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Sofian Ibrahim di Kantor Gubernuran pada Selasa (10/6/2024).

Sofian Ibrahim, mengungkapkan komitmen Pemprov Gorontalo untuk melanjutkan pembangunan Kanal Tanggidaa yang sempat terhenti. Langkah awal yang diambil adalah mengalihkan jalur kendaraan kontainer untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar area proyek.

“Pemprov telah berkomitmen untuk memajukan pembangunan Kanal Tanggidaa. Kami telah menyepakati pengaturan arus lalu lintas khususnya bagi kendaraan kontainer dan transportasi lain yang biasa melintasi jalur tersebut, untuk mengelola dampaknya dengan baik,” ujar Sofian.

BACA JUGA :  Auditorium UNG Siap Jadi Titik Pengungsian Korban Banjir Gorontalo

Dalam pengaturan tersebut, kendaraan kontainer yang biasa melintas dari Pelabuhan Gorontalo akan diarahkan melewati rute alternatif dari pukul 09.00 hingga 15.00 WITA serta pukul 21.00 hingga 05.00 WITA. Sebaliknya, mobil kontainer yang menuju Pelabuhan Gorontalo dari Simpang Lima akan dialihkan melalui jalur alternatif yang telah ditetapkan.

Sofian juga menekankan pentingnya dukungan dari Dinas Perhubungan Kota Gorontalo dan pihak kepolisian dalam menjaga kelancaran pelaksanaan pengalihan rute ini. Rencananya, pengalihan rute akan berlangsung hingga akhir November 2024, sejalan dengan estimasi selesai pembangunan Kanal Tanggidaa. (Adv/IH)