Nani Wartabone dan Semangat Perjuangannya

Boalemo, (MEDGO.ID) – Wakil Bupati Boalemo, Anas Jusuf mewakili Bupati Darwis Moridu sebagai inspektur upacara pada peringatan hari Patriotik Ke-78 tahun tanggal 23 Januari 1942 – 23 Januari 2020 di peringati oleh pemerintah Boalemo yang bertempat di lapangan Kantor Bupati. Kamis (23/1).

Hari Patriotik diawali munculnya gerakan rakyat Gorontalo yang di pimpin oleh Nani Wartabone bersama pasukannya yang di kenal Komite Nasional untuk berjuang membebaskan dari penjajahan Belanda sehingga peristiwa tersebut dikenal sebagai hari Patriotik.

“Hari ini, 23 Januari 1942, kita bangsa Indonesia khususnya Gorontalo sudah merdeka, bebas dan lepas dari penjajahan bangsa manapun juga. Bendera kita adalah Merah Putih, lagu Kebangsaan kita adalah ‘Indonesia Raya’, dan pemerintahan Belanda telah diambil alih oleh pemerintahan nasional”, ungkap Wakil Bupati Anas Jusuf.

BACA JUGA :  Hanya Menegur, Pria Asal Kota Gorontalo Ditikam OTK di Pohuwato 

Sehingga peringatan hari Patriotik hari ini bukan sekedar seremonial saja namun menanamkan dan meneruskan semangat perjuangannya untuk generasi yang akan datang, sebab perjuangan patriotik 23 Januari 1942 merupakan peristiwa yang tidak bisa dilupakan sepanjang masa.

Semangat Patriotik ini pula, kita jadikan motivasi dalam kehidupan kita sehari-hari, bahu membahu dan mensejahterakan daerah yang kita cintai di Bumi Damai Bertasbih agar melampaui daerah-daerah yang lainnya.

BACA JUGA :  Hanya Menegur, Pria Asal Kota Gorontalo Ditikam OTK di Pohuwato 

Tantangan kita dalam melaksanakan pembangunan sangatlah berat namun jika kita hadapi bersama, maka mampu kita lawan dengan semangat dan komitmen bersama untuk bekerja dalam menjalankan tantangan tersebut. Hadir dalam peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942, Plt Sekda Gerson Shamin, Sekwan Burhan Hinta,SOPD dan ASN. (rh).