Mantapkan Pengembangan Pariwisata, Pemkab Gorontalo Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Paralayang

Pemkab Gorontalo menggelar pelatihan pemandu wisata paralayang, bertempat di hotel rahmat Kota Gorontalo, Rabu 04/11/2020 (Foto: Bayu Harundja)

KABGOR, MEDGO.ID– Dalam rangka mengembangkan pariwisata paralayang di Kabupaten Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Gorontalo menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Paralayang Tingkat Kabupaten Gorontalo, bertempat di Hotel Rahmat Kota Gorontalo, pada Rabu (04/11/2020).

Kegiatan yang di hadiri langsung oleh PJS Bupati Gorontalo dalam hal ini di wakili langsung oleh Asisten 1, Asri Tuna, di dampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Gorontalo (Disporapar), dan Kepala Perwakilan Lanud Sam Ratulangi.

PJS Bupati Gorontalo yang diwakili Asisten 1 didampingi Kadis Disporapar Kabgor, dan Kepala Perwakilan Lanud Sam Ratulangi (Foto: Bayu Harundja)

Kegiatan yang diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut, mengimbau seluruh peserta kegiatan pelatihan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan sudah di sediakan masker dan hand sanitizer bagi peserta.

Peserta pelatihan di sediakan masker dan hand sanitizer oleh panitia (Foto: Bayu Harundja)

Peserta kegiatan berasal dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Gorontalo, serta juga di hadiri oleh dari Asosiasi Paralayang.

Asisten 1, Asri Tuna yang mewakili PJS Bupati Gorontalo dalam kesempatan wawancara menyampaikan, melalui olahraga paralayang bisa menjadi titik promosi pariwisata di Kabupaten Gorontalo.

“Dengan adanya olahraga ini (paralayang), kita bisa bergandengan tangan dalam sesi promosi, dalam sesi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Gorontalo secara khusus, kemudian keinginan kami bisa berkolaborasi dengan dunia usaha menyangkut kuliner”, ujar Asri Tuna.

Asisten 1, Asri Tuna dalam kesempatan wawancara (Foto: Bayu Harundja)

Dan juga Asri menyampaikan bahwa melalui pelatihan ini adalah wujud kebijakan pemerintah daerah dalam konteks pengembangan khususnya bidang pariwisata.

“Ke depan kalau ini sudah masuk dalam Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), kemudian kebijakan selanjutnya melalui Kebijakan Umum Anggaran- Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), tergantung dinas Pariwisata”, jelasnya.

Di lain waktu Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Gorontalo (Disporapar), Syamsudin Baharudin, juga menyampaikan setuju dengan di kembangkan objek pariwisata paralayang di Kabupaten Gorontalo.

Syamsudin menuturkan bahwa olahraga paralayang adalah olahraga yang menarik serta juga bila di kembangkan akan menarik perhatian para wisatawan dengan kolanorasi antara wisata dan kuliner.

Kadisporapar Kabupaten Gorontalo, Syamsudin Baharudin, dalam kesempatan wawancara (Foto: Bayu Harundja)

“Kita serius pengembangan wisata paralayang ini, kita akan siapkan pemandu wisatanya ini sementara kita latih, kita siapkan orang yang bermain paralayang juga kita siapkan, ini kita sudah ada beberapa instruktur dari Palu dan Manado kita akan melatih beberapa orang, jadi setiap kegiatan kita akan melibatkan mereka”, ujar Syamsuddin.

Dan terakhir Syamsudin menyampaikan bahwa rencana dinas pariwisata akan bekerja sama dengan organisasi paralayang dari Palu dan Manado dan akan mengadakan launching wisata paralayang dan di rencanakan tahun depan.

“Akan kita kembangkan, rencana kita bekerja sama dengan organisasi paralayang dari Palu dan Manado, kita akan ada semacam launching kemampuan paralayang untuk wisata, kemungkinan tahun depan”, pungkas Syamsudin. (Ubay)

Reporter: Bayu Harundja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here