Mantan Wakapolda Gorontalo Naik Pangkat Di Pimpin Kapolri

Kapolri, Idham Aziz saat pelantikan kenaikan pangkat
Kapolri, Idham Aziz saat pelantikan kenaikan pangkat mantan Wakapolda Gorontalo (Foto: Humas Polda Gorontalo)

GORONTALO, MEDGO.IDKapolri Idham Azis menaikkan pangkat Wakapolda Gorontalo Jaya Subriyanto dari Brigadir Jenderal (bintang satu) menjadi Inspektur Jenderal (bintang dua) dalam upacara korp raport kenaikan pangkat yang digelar di Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Jaya Subriyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Gorontalo, kini menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK 1 Sespim Lemdiklat Polri.

Dalam upacara tersebut, Kapolri juga menaikkan pangkat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus R Golose dari Inspektur Jenderal menjadi Komisaris Jenderal (bintang tiga).

Tercatat ada 14 perwira tinggi yang naik pangkat terdiri dari tiga pati naik pangkat ke Irjen dan 10 pati naik pangkat ke Brigjen. Kemudian ada 31 perwira menengah yang naik pangkat dari AKBP menjadi Komisaris Besar.

Dari sejumlah pati dan pamen yang naik pangkat tersebut, tercatat ada tiga pati dan tujuh pamen ditugaskan di luar struktur Polri. Kenaikan pangkat tersebut sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: STR/995-996/XII/KEP./2020 tertanggal 29 Desember 2020.

Kabid Humas Polda Gorontalo, Wahyu Tri Cahyono diruang kerjanya mengatakan bahwa awalnya Wakapolda dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Sabhara Baharkam Polri berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor : ST/3233/XI/KEP/2020 bulan November dan selang 1 bulan kemudian mendapat promosi jabatan sebagai Widyaiswara Utama Sespim Polri.

“Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/995-996/XII/KEP./2020 tertanggal 29 Desember 2020 beliau dinaikkan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Inspektur Jenderal Polisi, tentunya atas kenaikan pangkat ini, kami personel Polda Gorontalo dan jajaran turut beryukur dan merasa bangga atas prestasi yang telah diraih oleh pak Wakapolda,” ujar Wahyu.

Selanjutnya Wahyu menginformasikan bahwa pelaksanaan acara serah terima jabatan Wakapolda dan beberapa pejabat utama Polda Gorontalo akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 Januari 2021.

“Insya Allah sesuai rencana Upacara sertijab Wakapolda dan PJU Polda Gorontalo akan dilaksanakan hari Kamis besuk secara terbatas sesuai protokol kesehatan” kata Wahyu.

Adapun pejabat Polda Gorontalo yang mengalami mutasi yakni Wakapolda Gorontalo Jaya Subriyanto digantikan oleh Pudji Prasetijanto Hadi, Karo SDM Polda Gorontalo Maulana Hamdan, digantikan oleh Kombes Pol. Nanang Djunaedi, Dir Polair Polda Gorontalo Supeno digantikan oleh Saiful Alam dan Dansat Brimob Polda Gorontalo Rantau Isnur Eka yang digantikan oleh Muhammad Ridwan. (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here