Lembah Nirwana Wisata Alam Di Lereng Barat Gunung Ungaran Kendal Jawa Tengah

Objke Wisata Lembah Nirwana Kendal (foto Adang/MedgoID)

Kendal, MEDGO.ID – Lembah Nirwana adalah sebuah destinasi wisata dengan konsep komplek agrowisata, yang memadukan keindahan alam dan wisata buatan.

Terletak di Jalan Raya Limbangan Sumono, tepatnya di Dusun Nambangan, Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Indonesia.

Berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl), sudah barang tentu udaranya sangat sejuk dan menyegarkan.

Lembah Nirwana berjarak 14 km dari daerah wisata Bandungan, Kabupaten Semarang, 35 km dari pusat Kota Kendal, dan 36 km dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, serta 12 km dari kawasan Wisata Candi Gedong Songo.

Jalanan menuju lokasi beraspal mulus dengan lebar kurang lebih 5 meter, sehingga bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat. Meskipun jalanannya berkelok dan banyak tanjakan, tapi pemandangan alam di sepanjang perjalanan sangat asri dan indah serta memanjakan mata bagi yang melihatnya.

Kawasan Wisata Lembah Nirwana kendal, sangat rekomended untuk liburan bersama keluarga (Foto Adang P/MedgoID)

Di Lembah Nirwanan terdapat banyak spot untuk berfoto ria yang sangat menarik dan sayang jika terlewatkan. Keindahan areanya karena pengelola memanfaatkan kontur tanah, tanaman hias, dan model bangunan ala Eropa sebagai daya tarik utama.
Pemandangan alam dan suasananya yang asri dengan latar belakang Gunung Ungaran, semakin menambah dan melengkapi daya tariknya.

Bagi yang memiliki waktu yang cukup, jangan terburu-buru untuk pulang, ada penginapan yang bisa disewa dengan fasilitas yang memadai. Para pengunjung bisa menikmati suasana malam dan menyaksikan pemandangan langit yang bertabur bintang.

Sebagai catatan, pengelola hanya akan menyewakan penginapan kepada rombongan keluarga dengan jumlah lebih dari dua orang. Hal itu perlu menjadi perhatian bagi pasangan yang sudah berstatus suami dan istri namun hanya akan menginap berdua, karena tetap tidak akan mendapat izin dari petugas.

Harga Tiket Masuk dan Wahana Lembah Nirwana Harga tiket masuk ke Lembah Nirwana sangat terjangkau. Namun, jika wisatawan ingin berenang, maka perlu membayar tarif tambahan. Berikut adalah harga tiket masuk dan wahananya:
Harga Tiket Masuk
Anak/Dewasa : Rp 10.000
Kolam Renang : Rp 10.000
Parkir Motor / Mobil : Rp 2.000 / Rp5.000
Penginapan/malam : Rp 250.000 – Rp 500.000

Jam Operasional Lembah Nirwana
Lembah Nirwana dibuka untuk umum setiap harinya dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi Lembah Nirwana yaitu ketika cuaca sedang cerah sehingga pemandangan gunung di siang hari atau bintang di malam hari dapat terlihat dengan jelas dan dapat menikmati wahana kolam renang tanpa perlu kehujanan.

Aktivitas dan Wahana di Lembah Nirwana, Di Lembah Nirwana, wisatawan dapat berlibur sambil menikmati pemandangan alam yang indah di wahana gardu pandang perahu bambu. Selain itu, para wisatawan juga dapat berfoto sepuasnya dengan latar belakang Gunung Ungaran, taman bunga, atau kincir angin.

Setelah lelah dan puas berfoto ria, lanjutkan dengan berenang di kolam yang airnya berasal dari mata air pegunungan serta tidak menggunakan kaporit. Pengelola juga menyediakan gazebo dan tikar agar pengunjung bisa duduk-duduk sambil piknik di alam terbuka.

Berenang di kolam mata air pegunungan Berenang di kolam dengan air yang sejuk karena berasal dari mata air pegunungan di sekitar Lembah Nirwana. Jika tidak ingin berenang namun tetap ingin menikmati sejuknya air kolam, wisatawan boleh duduk di tepinya sambil menyelupkan kaki.

Kolam renangnya juga selalu dibersihkan setiap hari Rabu dan baru bisa digunakan di hari setelahnya. Setelah selesai berenang, wisatawan dapat menggunakan kamar mandi yang bersih.

Bersantai di Gazebo atau beristirahat di penginapan Gazebo yang tersedia dapat digunakan untuk piknik dan santai sejenak. Setelah lelah berfoto, berenang dan sebagainya, para wisatawan bisa bersantai di gazebo yang sudah disediakan. Jika ingin meminjam tikar untuk alas di gazebo dapat meminjamnya ke pihak pengelola.
Di gazebo bisa menikmati bekal makan siang sambil memandangi hamparan gunung dan hutan.
Jika tidak membawa bekal dari rumah, bisa membeli makanan dari kantin yang telah disediakan sambil berwisata kuliner.

Bagi yang ingin melaksanakan salat, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas musala yang nyaman. Selain itu, jangan khawatir soal lokasi parkir karena di sini memiliki tempat parkir yang luas dan aman.
Fasilitas lainnya yaitu toilet umum dan ruang atau aula untuk pertemuan. (*)