Kemenkes Rilis Disease-X, Penyakit Baru Menular melalui Udara

Jakarta, MEDGO.ID — Kemampuan kemunculan penyakit baru yang diucap selaku Disease X merangsang kekhawatiran warga dunia. Beberapa pakar menebak, penyakit tersebut bakal jadi pandemi berikutnya serta lebih mematikan dibanding COVID- 19.

Departemen Kesehatan RI mengatakan, terdapat mungkin disease X ini meluas melalui hawa. Bagi Kepala Biro Komunikasi serta Pelayanan Publik Kemenkes dokter Siti Nadia Tarmizi, dengan ciri tersebut, terdapat mungkin penularan penyakit tersebut susah dicegah.

” Yang jadi penyakit global biasanya yang meluas via udara. Jika melalui darah, air itu dapat dicegah. Tetapi jika hawa susah dicegah, sebab orang hidup tidak bisa jadi dapat menyudahi bernapas,” jelas dokter Nadia dilansir dari detik.com, Sabtu( 2/ 6/ 2023).

BACA JUGA :  Pemprov Gorontalo Diskusikan Mitigasi Bencana Alam Bersama Relawan

Dia berkata sepanjang ini, flu jadi salah satu penyakit yang sangat susah buat ditangani.

” Makanya, senantiasa flu yang mempunyai kemampuan besar jadi pandemi. Kami belum ketahui obatnya apa, seluruh flu belum terdapat obatnya, serta sangat susah dialami yang sangat bisa jadi divaksin,” katanya.

BACA JUGA :  Pemkot Gorontalo Kerahkan Alat Berat Bersihkan Jalan di Tenilo Pasca Banjir

dokter Nadia pula menarangkan sebagian perihal yang dapat jadi pemicu dari penyakit disease X. Mulai dari patogen yang tidak dikenal pada manusia berbentuk virus, kuman, ataupun jamur yang penyembuhannya belum dikenal. Tidak hanya itu, terdapat pula mungkin penyakit itu ialah penyakit zoonosis ataupun meluas dari hewan ke manusia.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Gorontalo Serahkan Rancangan KUA-PPAS 2025 ke DPRD dalam Rapat Paripurna

Sebagian penyakit zoonosis yang telah terdapat semacam Ebola, Hepatitis Kronis, serta cacar monyet.

” Semacam Ebola, telah sebagian tahun dibilang hendak mendunia tetapi belum pula mendunia hingga saat ini,” pungkasnya.(detik)