Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar Dicopot Dari Jabatannya

JAKARTA, MEDGO.ID – Kapolri Jenderal Idham Azis resmi mencopot Irjen. Pol. Nana Sudjana sebagai Kapolda Metro Jaya dan Irjen. Pol. Rudy Sufahradi dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Barat, karena dianggap tidak berani menindak pelanggar protokol kesehatan di masa pandemi, Senin (16/11/2020).

Irjen. Pol. Nana Sudjana dicopot dari jabatannya diduga karena berkaitan dengan kerumunan massa yang hadir di dalam acara pernikahan Najwa Shihab putri dari Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) lalu. Seperti dilansir dari siaran televisi tvOne.

Sementara itu, keputusan Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot jabatan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahradi juga diduga karena tidak mampu menindak tegas atas pelanggaran protokol kesehatan.

BACA JUGA :  Ali Moktar Ngabalin Bilang Pengkritik KPK Otaknya Terbalik (Sungsang)

Dalam jumpa persnya, di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2020), Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Argo Yuwono mengatakan bahwa pencopotan terhadap kedua jenderal bintang dua tersebut karena tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan aturan protokol kesehatan di wilayah hukumnya.

“Jabatan Kapolda Metro Jaya nantinya akan diisi oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Fadil Imran. Sedangkan posisi Kapolda Jawa Barat akan diisi oleh Asisten Logistik Kapolri Irjen Ahmad Dofiri”, terang Argo.

BACA JUGA :  Hari Ini, Kemenag Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal Idhul fitri 1442 H

Argo menambahkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga akan diperiksa oleh Mabes Polri terkait dengan acara resepsi pernikahan Najwa Shihab putri dari pentolan FPI Rizieq Shihab di kediamannya, Petamburan, Jakpus, Sabtu (14/11/2020) lalu, yang memicu kerumunan ribuan massa.

BACA JUGA :  Berdasarkan Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Idhul Fitri Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Menurut Argo, rencana pemeriksaan terhadap Anies juga terjadi setelah Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana.

“Selain Anies, Polri juga berencana memeriksa pejabat lain. Mulai dari RT dan RW setempat kediaman Rizieq hingga Wali Kota Jakarta Pusat, sebagai tindak lanjut penyidik dalam perkara protokol kesehatan atas diselenggarakannya acara resepsi pernikahan putri HRS”, pungkas Argo. (AD1).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here