Kabar Gembira bagi ASN Gorontalo, TPP Segera Cair

Gorontalo, MEDGO.ID — Setelah sekial lama menunggu, hampir empat bulan, belum menerima Tunjangan Pengahasilan Pegawai (TPP) belum terbayarkan. Kini harus bernafas lega.

Sebab Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Proses panjang pengusulan dan persetujuan pembayaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sudah memasuki babak akhir.

Kepala Badan Keuangan Sukril Gobel menjelaskan, usulan TPP dari Ditjen Bina Keuangan Daerah, Kemendagri ke Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu sudah disetujui, Senin (10/4/2023). Pemprov Gorontalo tinggal menunggu rekomendasi persetujuan dari Kemendagri.

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Gorontalo Setujui Ranperda RPJPD 2025-2045

“Benar surat persetujuan dari Kemenkeu sudah ada Senin ini. Suratnya dilayangkan ke Kemendagri untuk dibuatkan rekomendasi persetujuan. Paling lama satu dua hari ini TPP sudah bisa dibayarkan,” kata Sukril, Senin (10/4/2023).

Ditanya soal besar kecilnya nominal TPP, Sukril menyebut tahun ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Catatan pentingnya, tahun depan Pemprov Gorontalo harus merampungkan perhitungan TPP berdasarkan kelas jabatan dan analisis beban kerja.

BACA JUGA :  Mahasiswa UNG Siap Berlaga di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional Tahun 2024

“Ada kemungkinan tahun depan nominalnya turun berdasarkan kelas jabatan. Banyak variabel yang mempengaruhi seperti indeks kemahalan konstruksi setiap daerah, kapasitas fiskal, indeks pelaksanaan pemerintah daerah dll. Kalau itu rendah rendah akan mempengaruhi dasar pembayaran TPP,” pungkasnya.(*)