Gobel Buka Festival Ikan Tuna di Gorontalo

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang, Rachmat Gobel, membuka Festival Kuliner Ikan Tuna di Pantai Tamendao, Kota Gorontalo.

“Festival ini untuk membangun pariwisata, kuliner, dan memberikan nilai penting pada ikan tuna, serta pengembangan UMKM pada umumnya,” katanya, Kamis, 28 September 2023.

Festival ini merupakan yang kedua kalinya. Festival yang pertama diselenggarakan di Lapangan Ippot, Kabupaten Bone Bolango, pada 2022. Namun tahun ini dipindahkan ke Pantai Tamendao. Pantai ini sebelumnya merupakan tempat yang kumuh. Melalui program Kotaku, Rachmat Gobel mengubahnya menjadi destinasi wisata kuliner yang paling ramai di Gorontalo.

“Saya pindahkan ke Tamendao karena di tempat sebelumnya tidak ada sesuatu yang tertinggal. Kini dengan dipindahkan ke pantai maka ada integrasi antara ikan tuna dengan suasana pantai,” katanya. Dalam acara di Tamendao ini hadir kepala perwakilan Bank Indonesia Gorontalo Dian Nugraha dan Wakil Walikota Gorontalo Ryan F Kono.

Pada tahun 2022, Gobel juga menyelenggarakan Festival UMKM Milenial di Lapangan Ippot. Namun pada tahun 2023, festival ini dipindahkan ke Danau Perintis, Kabupaten Bone Bolango. Danau ini merupakan danau irigasi yang sepi dan terletak jauh di bawah kaki gunung. Namun ia menyulapnya menjadi destinasi wisata yang indah. Karena itu ia memindahkan penyelenggaraan festival UMKM ke Danau Perintis. Melalui penataan kawasan dan adanya atraksi lampu membuat danau ini kini menjadi kawasan yang mulai ramai dan bertumbuhnya usaha UMKM.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

“Saya juga akan menyelenggarakan festival di tempat lain seperti di Pantai Bolihutuo di Kabupaten Boalemo dan di permukiman suku laut Bajo di Torosiaje di Kabupaten Pohuwato. Kita harus menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru agar UMKM tumbuh dan pemerataan ekonomi terjadi. Kita harus membangun harapan pada masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda. Di sisi lain juga menciptakan tempat rekreasi sebagai hiburan,” katanya.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Gobel mengatakan, ikan tuna sirip kuning merupakan salah satu ikan yang menjadi produk ekspor, khususnya ke Jepang untuk dijadikan sushi maupun sashimi.

“Ikan ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi, namun di kita justru kurang mendapat penghargaan. Karena itu, melalui festival ini kita ingin mengangkat nilai ikan tuna agar nelayan juga memiliki kebanggaan,” katanya.

Salah satu habitat ikan tuna di Indonesia adalah di Teluk Tomini, yang dari dulu menjadi jantung ekonomi Gorontalo. “Tuna adalah Gorontalo dan Gorontalo adalah tuna,” katanya.

Festival ini dibuka mulai Kamis dan akan berakhir pada Minggu, 1 Oktober 2023. Dalam festival ini juga ditampilkan beragam produk ikan tuna dari Gorontalo. Mulai dari makanan siap saji hingga makanan olahan dalam kemasan.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Upacara pembukaan dimulai dengan lelang empat ikan tuna berbobot sekitar 40 kg. Lelang dimenangkan oleh Rahmijati Jahja (anggota DPD RI dari Gorontalo), Rachmat Gobel, Dian Nugraha, dan Mikson Yapanto (politisi Partai Nasdem). Harga per ikan tersebut adalah yang dua ekor masing-masing Rp 10 juta, sedangkan dua lagi masing-masing Rp 8,5 juta dan Rp 7,2 juta. Menurut pengakuan nelayan, ikan tersebut biasanya berharga Rp 2 juta.

“Penyelenggaraan lelang ini merupakan bentuk penghargaan pada nelayanan dan memberikan nilai lebih pada ikan tuna,” kata Gobel.

Festival ini juga dimeriahkan dengan penampilan grup musik. Selain itu juga ada berbagai lomba dan doorprize.

(*)