DPRD Provinsi Gorontalo Dorong Pembangunan Rumah Singgah Permanen di Manado

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – DPRD Provinsi Gorontalo melalui Pansus Aset mengusulkan agar pemerintah provinsi segera memiliki rumah singgah permanen di Kota Manado, Sulawesi Utara, mengingat kebutuhan yang terus meningkat.

“Rumah singgah saat ini masih berstatus kontrak. Ke depan, kami berharap perwakilan pemerintah provinsi dapat mengantisipasi kebutuhan ini dan berupaya untuk memiliki rumah sendiri. Kami telah mengunjungi lokasi ini pada Sabtu kemarin,” kata Ketua Pansus Aset, AW Thalib, pada Selasa (11/6/2024).

Thalib mengungkapkan bahwa kapasitas rumah singgah saat ini sangat terbatas, sementara banyak warga Gorontalo yang datang berobat ke Manado membawa keluarga atau pendamping. Saat ini, rumah singgah hanya memiliki 10 tempat tidur, yang dinilai tidak mencukupi kebutuhan.

BACA JUGA :  UNG Bentuk Crisis Center, Tanggapi Status Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor Gorontalo

“Kita perlu mengembangkan fasilitas ini, mungkin hingga 50 tempat tidur, karena banyak warga yang kesulitan mengakses tempat ini dan terpaksa mencari kamar kost atau penginapan. Ini tentu sangat menyulitkan, terutama bagi pasien yang memerlukan pendamping minimal satu orang,” ujarnya.

Menurut Thalib, pemerintah harus mulai memikirkan solusi jangka panjang dengan mengalokasikan anggaran dari APBD untuk membangun rumah singgah yang layak.

BACA JUGA :  BNPB Salurkan Bantuan untuk Bencana Alam di Gorontalo

“Dari anggaran kesehatan yang mencapai 10 persen dari APBD, kita bisa mengalokasikan dana untuk membangun rumah singgah permanen yang representatif. Ini penting, tidak hanya untuk Manado, tetapi juga untuk kota-kota lain seperti Makassar dan Jakarta,” pungkasnya. (Adv/IH)