DPRD Provinsi Gorontalo Bahas Ranperda RPJPD 2025-2045

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo tengah membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045. Ketua Pansus, Sun Biki, menyatakan bahwa RPJPD akan menjadi panduan utama bagi pemerintah provinsi dalam menjalankan program dan kebijakan selama 20 tahun ke depan.

BACA JUGA :  Auditorium UNG Siap Jadi Titik Pengungsian Korban Banjir Gorontalo

“Ranperda ini akan menjadi dasar bagi setiap gubernur yang menjabat, serta menjadi landasan untuk penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) setiap lima tahun,” ungkap Sun Biki pada Senin (8/7/2024).

Menurut Sun Biki, yang juga anggota Komisi III DPRD, Provinsi Gorontalo harus menghadapi beberapa tantangan besar untuk menuju Indonesia Emas. Tantangan tersebut antara lain adalah menurunkan angka kemiskinan, menciptakan lapangan pekerjaan, memperbaiki akses dan fasilitas publik, menurunkan angka stunting, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengelola sampah dengan lebih baik, membangun infrastruktur, serta meningkatkan kualitas pendidikan.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Gorontalo Serahkan Rancangan KUA-PPAS 2025 ke DPRD dalam Rapat Paripurna

“Kami sedang melakukan kajian mendalam untuk menentukan teknis pelaksanaannya. Ini masih pembahasan awal, baru pertemuan kedua,” tambahnya. (IH)