DPRD Bonebol Studi Komparatif di Boalemo Terkait Suksesnya Pilkades E-Voting

Boalemo, (MEDGO.ID) – Suksesnya Pemerintah Kabupaten Boalemo melaksanakan pemilihan kepala desa lewat E-Voting menjadi perhatian khusus bagi daerah lainnya termasuk DPRD Kabupaten Bone Bolango.

Lewat Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bone Bolango, Faizal Mohi di dampingi anggota komisi mengunjungi DPRD Boalemo dan studi banding ini diterima oleh Ketua DPRD Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho di dampingi Sekwan Burhan Hinta serta Kabag Pemerintahan, bertempat di Kantor DPRD. Kamis (16/1).

“Kunjungan DPRD Bone Bolango ke DPRD Boalemo terkait kesuksesan Boalemo menggelar pemilihan kepala desa lewat E-Voting memang sudah tepat dan apa yang di dapat tentunya akan menjadi referensi dalam pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Bone Bolango nanti”, ujar Ketua Karyawan Eka Putra Noho.

Kredit Mobil Gorontalo

Sementara Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bone Bolango, Faizal Mohi menegaskan dimana studi komparasi terkait merevisi regulasi Pilkades di Bone Bolango, memang Bone Bolango sudah dua kali menggelar Pilkades secara serentak dan hasil kajiannya masih banyak kekurangan.

“Lemahnya regulasi yang mengatur Pilkades sehingga kita akan melakukan revisi, dan salah satu hal yang menarik adalah kita harus belajar di Boalemo karena sukses Pilkades e-Voting, dari diskusi yang di lakukan baik DPRD maupun eksekutif ternyata lebih mudah dan jika memungkinkan Pilkades lewat e-Voting akan di dorong di Bone Bolango pada tahap III tahun 2021 nanti,” kata Ketua Komisi Faizal Mohi.

BACA JUGA :  Herman Haluti Amankan Satu Kursi PAN di Dapil 2 DPRD Kota Gorontalo

Lewat e-Voting ini kelebihan pemerintah daerah mampu meyakinkan Kementerian Dalam Negeri untuk memasukkan Pilkades e-Voting ini dalam peraturan daerah, karena dalam regulasi tidak di atur Pilkades e-Voting namun pemerintah daerah berani melakukan itu dan berhasil menggelar Pilkades lewat e-Voting. (rh).