Bupati Kabupaten Gorontalo  Nelson Pomalingo, Apresiasi Pengolahan Pupuk Organik Desa Tilango

Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo, bersama Alumni Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Angkatan 81,  melaksanakan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi Pupuk Organik

Kabgor, (MEDGO.ID) —  Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo, bersama Alumni Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Angkatan 81,  melaksanakan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi Pupuk Organik, kepada kelompok tani dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.  Kegiatan tersebut berlangsung di ruang aula kantor Camat Tilango, Jumat pekan lalu.

Serangkaian dengan kegiatan tersebut sekaligus diisi dengan temu kangen angkatan 81 Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Sulut, yang tidak lain adalah sahabat se-angkatan Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo.

Dalam sosialasi pengolahan pupuk organik bagi para kelompok tani, sangatlah penting agar bisa menjadi hasil panen yang baik tanpa harus menggunakan pupuk kimia lainya, dan hasil tanaman pun akan tumbuh subur sampai saat panen nanti. Pengolahan dasar pupuk organik ini sangatlah mudah, sebab hanya menggunakan sisa sampah buangan rumah tangga seperti sisa sayuran, air kelapa, air dari cuci beras dan sisa gula merah, dan buangan dari gilingan padi, atau kulit padi dalam bahasa lokalnya adalah; konga.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo turut menyaksikan langsung pengolahan pupuk organik ini yang diperagakan oleh penyuluh pertanian dari minahasa Sulut dihalaman kantor camat Tilango kabupaten Gorontalo.

Bupati juga berharap agar kegiatan ini tidak hanya sebatas penyuluhan saja, akan tetapi dipraktekkan langsung dihadapan para kelompok tani yang ada dikabupaten Gorontalo.

“Alhamdulillah teman-teman saya angkatan 81 sudah datang ke Kabupaten Gorontalo. Tadi pagi mereka sudah menanam sekaligus melakukan penyuluhan kepada petani kita, dan yang sangat menggembirakan adalah pupuk organik. sebab yang menjadi problem petani kita adalah pupuk. Nah dengan adanya pupuk organik ini secara lingkungan sangat baik, harganya pun sangat terjangkau, karena bisa didapat dari buangan sampah rumah tangga, dan pengolahanya sangat sederhana.” jelas Bupati Nelson.

Secara umum banyak sekali sampah-sampah yang bisa diolah menjadi pupuk khusus tanaman. Seperti yang telah diperagakan oleh para penyuluh angkatan 81 alumni dari fakultas pertanian. Sampah rumah tangga pun sangat baik untuk diolah menjadi pupuk organik selain itu juga sangat  ramah lingkungan.

“Saya berharap kepada masyarakat kita, terutama para petani benar-benar bisa memproduksi sendiri karena banyak buangan sampah kita bisa digunakan menjadi pupuk organik. Dan ini harus segera di implementasikan, sebab daerah sekitar kecamatan Tilango ini berada disekitar danau Limboto yang banyak dengan hortikultura semua tanaman sayur-sayuran berada disekitar sini,” tutup Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingomenambahkan.(Adv)

Reporter: S. Ar Onge (Inong Gorapu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here