BPS Provinsi Gorontalo Gelar Rakor Verifikasi Data ST2023

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Verifikasi Data Sensus Pertanian 2023 (ST2023), bertempat di Ballroom Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Senin, (16/10/2023). Rakor yang disampaikan langsung Direktur Statistik BPS RI Dody Herlando ini, dibuka oleh Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki.

Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif dalam berbagai acaranya menyampaikan, sensus pertanian ini diselenggarakan setiap 10 tahun sekali, sejak pertama kali diadakan pada tahun 1963.

Untuk ST2023 sendiri secara teratur telah mencakup subsektor dan lapangan, yang terdiri dari pertanian multikultural. Di mana pertanian yang dimaksud dalam hal ini adalah aktivitas sektor pertanian dalam arti luas, tidak hanya berkaitan dengan tanaman. Tetapi di dalamnya termasuk perikanan, kehutanan, perkebunan dan peternakan.

BACA JUGA :  Penjabat Bupati Batu Bara Heri Hadiri Rakornas KPK RI

“Dalam lingkup usaha pertanian, kami mendata bukan hanya usaha yang berskala besar, tetapi juga usaha-usaha rumah tangga atau skala perorangan atau yang kami sebut sebagai UTP (Usaha Pertanian Perorangan). Kami juga mendokumentasikan potensi kegagalan panen, dampak perubahan iklim yang terasa, perubahan bibit rekayasa, dan penggunaan jasa-jasa pertanian serta masih banyak lagi,” ujar Mukhanif.

Mukhanif menambahkan, pelaksanaan sensus pertanian telah melewati seluruh rangkaian tahapan. Tahapan – tahapan tersebut terdiri dari persiapan, publisitas, pelatihan, rekrutmen petugas, pelatihan petugas, pelaksanaan pencacahan lengkap, pengolahan data, dan yang saat ini sedang berlangsung adalah tahapan verifikasi data hasil pengolahan ST2023.

BACA JUGA :  Penjabat Bupati Batu Bara Heri Hadiri Rakornas KPK RI

“Tahapan sensus pertanian memang belum selesai, berikutnya adalah verifikasi data yang akan kita bahas di rakor kali ini. Selanjutnya kembali kami akan melakukan cek ke lapangan, jika ditemukan ada isian-isian yang memang harus dikonfirmasi kembali,” tuturnya.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Dengan berakhirnya pencatatan ST2023, saya berterima kasih kepada jajaran Pemprov Gorontalo maupun kabupaten/kota, DPRD dan pihak lainnya, atas dukungan dan kerja samanya. Pelaksanaan sensus pertanian yang telah dilaksanakan sejak Juli 2023 disyukuri telah selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Peserta rakor verfikasi data hasil ST2023 sendiri terdiri dari Kepala BPS dan jajarannya se kabupaten/kota, perwakilan statistik, akademisi, dan tamu undangan lainnya. Hadir pula Kelapa Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo dan Kepala Dinas Pertanian sebagai salah satu narasumber.