Begini Pesan Penjagub Hamka Kepada Tiga Pilar se-Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Medgo.ID – Dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan jelang Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, Pemerintah Provinsi Gorontalo melaksanakan Apel Tiga Pilar yang meliputi Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan lurah/kepala desa se-Provinsi bertempat di Grand Sumber Ria Ballroom, Kota Gorontalo, Kamis (9/3/ 2023).

Dalam sambutan, Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer menyatakan keberadaan Tiga Pilar digunakan untuk menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat, mulai dari lapisan paling bawah. Apabila terjadi permasalahan yang meresahkan masyarakat, Tiga Pilar harus tanggap menyelesaikannya agar terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

“Masalah keamanan lingkungan dan daerah bukan hanya tugas aparat keamanan namun juga tugas seluruh masyarakat. Tiga pilar harus bekerja profesional dan menjaga netralitas,” kata Hamka.

BACA JUGA :  Pemerintah Pastikan Kebutuhan Dasar Korban Banjir di Gorontalo Terpenuhi

Dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada nanti, Tiga Pilar sebagai pelayan dan pelindung diwajibkan tetap netral dan berperan aktif, serta mensosialisasikan kepada masyarakat agar menolak berita hoax yang menimbulkan permusuhan. Untuk mensinergikan peran tersebut, Tiga Pilar ini wajib memegang prinsip yang harus dilaksanakan bersama yakni komunikasi, transparansi, harmoni, dan komitmen.

“Ini merupakan awal yang baik untuk memastikan situasi dan kondisi wilayah tetap aman, Insya Allah kedepannya kami akan menggagas apel akbar kesiapan pemilu yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” ujar Hamka.

BACA JUGA :  Penjagub Gorontalo Pantau Evakuasi Korban Longsor di Suwawa Timur

Usai memberikan sambutan, Penjagub Hamka juga turut menyerahkan piagam award bersama Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika kepada empat anggota Bhabinkamtibmas. Piagam ini diberikan kepada anggota dengan pengamanan dan pelayanan terbaik di masing-masing wilayahnya. (Adv/IH)