Begini Deklarasi Wujudkan Pemilu Damai 2024

Kota Gotontalo, MEDGO.ID – Dalam rangka mewujudkan Pemilu Damai Tahun 2024, seluruh pihak di Provinsi Gorontalo diharapkan dapat mensukseskan pelaksanaan itu berjalan tertib, aman dan damai.

Melalui forum Deklarasi yang berlangsung di Ballroom hotel Grand Q, itu dihadiri oleh Forkopimda Provinsi, KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat, Media, serta LSM, Rabu (30/08).

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Drs. Angesta Romano Yoyol, M.M dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk menyatukan komitmen bersama dalam menciptakan Pemilu tahun 2024 yang tertib, aman dan damai.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan gerakan budaya memilih yang demokratis, jujur, adil, transparan, akuntabel dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

“Satukan tekad dan niat secara bersama-sama dalam menjaga stabilitas Kamtibmas agar Pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan baik, aman dan kondusif,” Ucap Jenderal Bintang Dua tersebut.

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Gorontalo K.H Abdul Rasyid Kamaru, M.Pd.I, juga mengajak semua pihak untuk menjaga kerukunan dan persatuan.

“Dalam budaya masyarakat Gorontalo yang dikenal dengan falsafah “Adat bersendikan Syara’ dan Syara’ bersendikan Kitabullah” untuk itu, mari kita dukung, kita jaga dan kita sukseskan Pemilu 2024 yang berkualitas, aman dan damai,” Ujarnya.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

Dirinya juga tak lupa mengimbau kepada seluruh masyarakat Gorontalo untuk dapat menjaga daerah ini. Berbeda pilihan itu memang ada, namun hal itu jangan membuat kita terpecah belah.

“Mari kita jaga kerukunan dan persatuan. Kita boleh berbeda pilihan tapi jangan membuat terpecah. Tetap jaga kerukunan dan kedamaian,” Pungkasnya

Berikut Deklarasi Pemilu Damai tersebut :

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

1. Akan melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

2. Akan mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.

3. Menolak upaya-upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara, dalam melaksanakan Pemilu tahun 2024.

4. Akan menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah hukum Polda Gorontalo. (**)