Ridwan Monoarfa Tekankan Pentingnya Adaptasi Iklim di Puncak HUT ke-79 PMI Gorontalo

Bonebol, MEDGO.ID – Pimpinan Sementara DPRD Provinsi Gorontalo, Ridwan Monoarfa, menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Palang Merah Indonesia (PMI) tingkat Provinsi Gorontalo yang berlangsung meriah di Center Point Bone Bolango, Minggu (06/10). Acara tersebut mengangkat tema “Aksi Adaptasi Iklim,” sekaligus menandai peluncuran Kick Off Car Free Day Kabupaten Bone Bolango oleh Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo.

Ridwan Monoarfa menggarisbawahi peran vital PMI dalam menangani bencana sekaligus menyikapi isu-isu global seperti perubahan iklim. “PMI telah banyak berkontribusi dalam aksi-aksi kemanusiaan dan hari ini, dengan tema adaptasi iklim, kita diajak untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan dampaknya terhadap kehidupan kita sehari-hari,” ujar Ridwan.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan ini, mulai dari penanaman pohon yang melambangkan komitmen terhadap pelestarian lingkungan, senam bersama yang diikuti oleh masyarakat, hingga aksi donor darah sebagai bagian dari upaya PMI dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kemanusiaan. Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol perayaan HUT PMI ke-79.

BACA JUGA :  Peringatan HUT ke-79 TNI di Gorontalo: Ridwan Monoarfa Harap TNI Semakin Profesional dan Responsif

Pj. Gubernur Gorontalo yang hadir untuk meresmikan Car Free Day menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mengurangi emisi karbon dan menjaga keberlanjutan lingkungan. “Gerakan ini adalah langkah penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Mari kita semua ikut terlibat dalam aksi ini demi masa depan generasi mendatang,” ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh para pengurus PMI Provinsi Gorontalo, Dewan Kehormatan PMI, Tim Siaga Bencana (TSR), Korps Sukarela (KSR), serta Palang Merah Remaja (PMR) dari berbagai sekolah. Kehadiran berbagai elemen masyarakat ini menunjukkan sinergi dalam mendukung program-program kemanusiaan dan pelestarian lingkungan yang terus digalakkan oleh PMI.

BACA JUGA :  Rapat Paripurna Ke-2, DPRD Provinsi Gorontalo Bentuk Fraksi-Fraksi Periode 2024-2029

Ridwan Monoarfa menutup dengan harapan agar peringatan HUT PMI ke-79 ini menjadi pemicu bagi masyarakat Gorontalo untuk lebih aktif dalam mendukung kegiatan kemanusiaan dan menjaga lingkungan, serta lebih siap menghadapi dampak perubahan iklim yang semakin nyata.