Ridwan Monoarfa: Peringatan HUT TNI Ke-79 Jadi Momentum Teladani Semangat Pahlawan

Gorontalo, MEDGO.ID — Wakil Ketua Sementara DPRD Provinsi Gorontalo, Ridwan Monoarfa, menghadiri upacara ziarah nasional dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Nasional Pentadio, Gorontalo, Jumat (4/10/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran TNI, Polri, dan tokoh-tokoh daerah lainnya sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan yang telah berjasa besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA :  Rapat Paripurna Ke-2, DPRD Provinsi Gorontalo Bentuk Fraksi-Fraksi Periode 2024-2029

Ridwan Monoarfa dalam keterangannya menekankan bahwa peringatan ini merupakan momen penting untuk mengingat jasa pahlawan dan menjadi inspirasi bagi generasi muda. “Kita datang ke sini bukan hanya sekedar upacara, tetapi untuk mengingatkan diri kita dan generasi penerus tentang betapa besarnya pengorbanan para pahlawan. Ini adalah pelajaran tentang kebangsaan dan cinta tanah air,” ungkap Ridwan.

Selain itu, ia menegaskan pentingnya semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang diwariskan oleh para pahlawan. Menurutnya, semangat kebangsaan ini harus terus diteladani demi menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

BACA JUGA :  HUT ke-79 PMI, Momentum Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Lebih lanjut, Ridwan mengungkapkan harapannya agar TNI terus menjadi pilar utama dalam menjaga stabilitas dan keamanan nasional, sekaligus semakin dekat dengan rakyat. “TNI lahir dari rakyat, maka keberadaan TNI harus selalu berhubungan erat dengan kepentingan rakyat dan menjaga keutuhan negara ini,” tutupnya.

Upacara ziarah nasional ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju,” sebagai komitmen TNI dalam mendukung pembangunan nasional dan menjaga stabilitas bangsa.