Bawaslu Gorontalo Deklarasikan Kampanye Damai untuk Pilkada Serentak 2024

Gorontalo, MEDGO.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo menggelar deklarasi kampanye damai untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Acara ini berlangsung pada Selasa, (24/09), di Ballroom Sumber Ria Kota Gorontalo. Deklarasi tersebut dihadiri oleh Penjabat Gubernur Rudy Salahuddin, Forkopimda, serta perwakilan partai politik pengusung calon gubernur dan wakil gubernur.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Idris Usuli, menyampaikan bahwa deklarasi ini bertujuan untuk memastikan kampanye berjalan dengan tertib, aman, dan bebas dari pelanggaran. “Dengan dimulainya kampanye, Bawaslu akan melakukan pengawasan ketat demi mewujudkan Pilkada yang jujur, adil, dan damai,” ujar Idris.

Ia juga menyoroti pentingnya penertiban alat peraga kampanye yang sudah dipasang sebelum jadwal resmi. Selain itu, Idris mengingatkan seluruh Paslon untuk tidak melibatkan anak-anak dalam kegiatan kampanye.

BACA JUGA :  APREBI Gelar Diskusi Nasional, Presiden BEM Universitas NU Gorontalo: Pentingnya Upaya Konkret untuk Mencegah Kerusakan Lingkungan yang Lebih Parah

Dalam kesempatan ini, empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung di Pilkada serentak 2024 turut menandatangani komitmen kampanye damai. Pasangan calon tersebut adalah:

1. Tonny Uloli – Marten Taha (nomor urut 1),

BACA JUGA :  Almarhum Herson Taha Terima Piagam Pahlawan Olahraga dari Pemprov Gorontalo

2. Nelson Pomalingo – Moh. Kris Wartabone (nomor urut 2),

3. Hamzah Isa – Abdurrahman Abubakar Bahmid (nomor urut 3),

4. Gusnar Ismail – Idah Syahidah Rusli Habibie (nomor urut 4).

BACA JUGA :  Jalan Sehat "Merdeka Memilih", Ridwan Monoarfa Ajak Masyarakat Aktif dalam Demokrasi

 

Deklarasi ini menegaskan komitmen bersama untuk melaksanakan kampanye yang aman, tertib, bebas hoax, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang, sesuai dengan peraturan yang berlaku.